Buenos Aires, Argentina (Antara/Xinhua-OANA/Antara Megapolitan) - Presiden Argentina Mauricio Macri pada Senin (29/5) mengatakan di Buenos Aires bahwa Menteri Luar Negeri Susana Malcorra akan meletakkan jabatan karena "alasan pribadi".

Dalam satu taklimat, Macri memuji penghargaan besar yang diperoleh Susana Malcorra dalam memainkan perannya.

Malcorra (62) telah menduduki jabatannya sejak awal pemerintahan Macri pada Desember 2015, dan ia akan digantikan pada 12 Juni oleh Jorge Faurie, yang saat ini menjadi Duta Besar Argentina untuk Prancis.

Malcorra belum lama ini menemani Macri dalam kunjungannya ke Uni Amirat Arab, Tiongkok dan Jepang.

Malcorra mengatakan tugasnya sebagai menteri luar negeri adalah "tantangan profesional terbesar yang pernah saya hadapi dan menyampaikan penghormatan terbesar karena ia telah mewakiliki rakyat Argentina di kancah dunia, demikian laporan Xinhua --yang dipantau Antara di Jakarta, Selasa pagi.

Dalam satu wawancara dengan Xinhua pada Januari, Malcorra menyotoi hubungan bilateral Argentina dengan Tiongkok.

Wania menteri tersebut mengatakan hubungan itu "berada pada tahap yang sangat bagus" dan menyampaikan "keinginan yang sangat besar" untuk memelihara hubungan tersebut.

"Tiongkok telah menjadi salah satu penanam modal yang paling berminat di Argentina, dan telah menjadi penerima penghargaan dalam berbagai kegiatan dalam energi yang terbarukan," tambahnya.

Penerjemah: Chaidar.

Pewarta:

Editor : M. Tohamaksun


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017