Sebanyak 12 Perwira Siswa (Pasis) Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Darat yang melaksanakan kuliah kerja lapangan wilayah pertahanan d Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, difokuskan kepada pemberdayaan ketahanan pangan.

Dari 12 Pasis Seskoad Pendidikan Reguler LXIV Tahun Anggaran 2024 yang melaksanakan KKL wilayah pertahanan ini sebanyak 11 siswa dari TNI AD dan satu siswa lainnya berasal dari Polri, kata Komandan Seskoad Mayjen TNI Agus Prangarso di Sukabumi, Selasa.

Menurut Agus, mereka dituntut untuk bisa mengidentifikasi permasalahan yang dihadapi satuan komando dalam upaya memberdayakan ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Selain itu, kegiatan ini untuk mengaplikasikan penyelenggaraan pembinaan teritorial di wilayah Kabupaten Sukabumi yang bertujuan untuk membekali para siswa tentang pemberdayaan ketahanan pangan.

Adapun target utama dari kegiatan kuliah kerja lapangan ini, para siswa bisa membantu program ketahanan pangan Pemerintah Kabupaten Sukabumi salah satunya mewujudkan swasembada pangan. 

Dipilihnya Kabupaten Sukabumi menjadi lokasi kukiah kerja lapangan wilayah pertahanan, karena merupakan daerah penghasil pangan bahkan menjadi salah satu lokasi proyek percontohan program lahan ketahanan pangan nasional yang dicanangkan oleh kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

"Kami berharap seluruh siswa dapat menganalisa setiap kendala pemberdayaan ketahanan pangan dengan menggunakan metode kualitatif, selanjutnya dirumuskan dan dicari pemecahan masalahnya secara komprehensif dan integral " katanya.

Hasil dari kuliah kerja lapangan ini juga untuk membantu Pemkab Sukabumi dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan baik dari sisi kualitas maupun kuantitas.

Agus mengatakan kegiatan yang dilakukan para siswa adalah melaksanakan pengumpulan data dan wawancara kepada pejabat dan dinas terkait, kelompok tani, pelaku UMKM dan lainnya untuk mencari informasi terkait produktivitas pangan, kendala dan lain sebagainya.

Pembukaan kuliah kerj lapangan yang dilaksanakan di Aula Setda Kabupaten Sukabumi, Kecamatan Palabuhanratu ini juga dihadiri Bupati Sukabumi Marwan Hamami, Kapolres Sukabumi AKBP Tony Prasetyo dan sejumlah pejabat dari dinas terkait di lingkungan Pemkab Sukabumi.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024