Bogor, 29/9 (ANTARA) - Sekurangnya 102 santri mengikuti lomba kaligrafi dalam Pekan Olahraga dan Seni Antar-Diniyah (Porsadin) yang digelar Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT) Kota Bogor.

Ketua FKDT Ahmad Fathoni usai pembukaan oleh Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman di Stadion Pajajaran Bogor, Sabtu menjelaskan, Porsadin merupakan salah program kerja FKDT Kota Bogor.

"Sebetulnya Porsadin merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap dua tahun sekali, dan ditindaklanjuti ke Porsadin tingkat Provinsi Jawa Barat," katanya.

Menurut Ahmad Fathoni, Porsadin tingkat Provinsi Jabar tahun 2012 akan digelar di Kabupaten Bogor pada 24 Nopember mendatang.   
"Jadi, kegiatan ini digelar menjelang Porsadin tingkat Provinsi Jabar,"katanya.

Dalam Porsadin tingkat Kota Bogor  mempertandingkan syahril Quran, tahfiz Juz 30, kaligrafi dan cerdas cermat.

Selain itu, kata dia, juga pertandingan cabang olahraga , yaitu futsal, atletik (lari putra dan putri)
Ia merinci  dari ke 1.378 peserta  perwakilan enam kecamatan se-Kota Bogot melibatkan 117 sekolah  diniyah  meliputi peserta untuk lomba kaligrafi 102 santri, tahfiz 189  santri, dan cerdas cermat 189 orang, terdiri dari 63 regu, dan setiap regu tiga orang, dan syahril Quran 126 orang, terdiri atas 42 regu setiap regunya tiga orang.

Sedangkan untuk cabang olahraga, yakni futsal 71 tim, setiap tim sebanyak sembilan orang berikut cadangan total peserta 639 santri, atletik 133 orang, yakni 78 putra dan 46 orang putri.

Kegiatan yang digelar selama dua hari Sabtu, dan Minggu (30/9) itu dibuka Asisten Administrasi
Kemasyarakatan dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota Bogor Edgar Suratman.

Pembukaan Porsadin  diawali dengan pawai karnaval  dengan mengambil star di Balaikota Bogor finish
di GOR Pajajaran Kota Bogor.

Iring-iringan karnaval juga diikuti Asisten Administrasi Kemasyarakatan dan Pembangunan Edgar
Suratman, dan para pejabat Kantor Kementerian Agama Kota Bogor yang ikut serta berjalan kaki dari Balaikota Bogor menuju Stadion Pajajaran.

Edgar menyampaikan apresiasi kepada FKDT yang telah mampu menggelar event seperti ini. "Saya sampaikan apresiasi karena FKDT yang baru dilantik tiga bulan lalu telah mampu menggelar event tingkat Kota Bogor," kata Edgar.

Ia berharap, melalui event ini akan lahir santri dan santriwati yang akan mewakili  Kota Bogor dalam Porsadin tingkat Jawa Barat.  
Edgar mengingatkan, kepada para peserta untuk  menjunjung sportifitas dalam setiap pertandingan
atau perlombaan.
 


Andy J

Pewarta:

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2012