Universitas Indonesia (UI) siap menjalin kerja sama dengan Oklahoma State University (OSU), Amerika Serikat, dan menyatakan kesiapan untuk menjalankan One Health System (Sistem Satu Sehat).

Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset UI Dedi Priadi di Kampus UI Depok, Jumat, mengatakan kolaborasi antara UI dan OSU sangat mungkin direalisasikan karena keduanya memiliki fokus yang sama, terutama terkait kesehatan dan lingkungan.

UI tidak hanya menghadirkan lingkungan kampus yang sehat, kata dia, tetapi juga menginisiasi UI GreenMetric yang mengajak universitas di seluruh dunia untuk terlibat dalam pelestarian lingkungan.

“Selain dinobatkan sebagai The Most Sustainable Universities dan berada di peringkat 24 dunia pada UI GreenMetric World University Rankings 2023, UI juga memperoleh 5 Star pada Healthy University Rating System (HURS) 2022. Ini sekaligus membuktikan komitmen UI dalam mengelola system and infrastructure, zero tolerance areas, dan health promotion areas di lingkungan kampus,” ucapnya.

Upaya UI tersebut sejalan dengan yang dilakukan  OSU. Associate Provost and Dean of OSU Global Randy Kluver menuturkan OSU merupakan kampus yang sangat mementingkan pembangunan berkelanjutan.  Dalam beberapa tahun terakhir OSU menempati posisi teratas di antara kampus-kampus AS capaian tujuan pembangunan berkelanjutan, khususnya untuk indikator zero hunger dan partnership for the goals.

Melalui sinergi keduanya, Randy berharap UI dan OSU mampu bersama-sama menumbuhkan kesadaran masyarakat tentang lingkungan yang lestari.

“Kami mengapresiasi UI yang berinovasi dalam menjaga lingkungan melalui UI GreenMetric yang akan segera rilis untuk pemeringkatan tahun 2024. Sepertinya kami juga harus membangun enam danau buatan, supaya menjadi juara dalam pemeringkatan UI GreenMetric bulan depan,” ujarnya.

Selain isu lingkungan, isu kesehatan juga dibahas dalam diskusi. President of OSU Center for Health Sciences Johnny Stephens menjelaskan Sistem Satu Sehat yang diinisiasi oleh OSU dan muncul pada masa Pemerintahan Donald Trump.

Sistem Satu Sehat menyediakan layanan kesehatan secara menyeluruh di AS, terutama untuk daerah pedesaan. OSU yang berlokasi di sekitar Stillwater, Oklahoma berperan aktif dalam pelaksanaan kebijakan tersebut, karena berada di kawasan rural dengan penduduk tidak lebih dari 50.000 jiwa.

Sistem Satu Sehat memobilisasi banyak sektor, disiplin ilmu, dan komunitas, yang memberikan arahan kepada berbagai tingkatan masyarakat untuk bekerja bersama dalam mendorong kesejahteraan dan menghadapi berbagai tantangan.

Untuk itu Koordinator Kantor Urusan Internasional (KUI) Fakultas Kedokteran (FK) UI Indah Susanti menyatakan siap berkolaborasi dalam mewujudkan Sistem Satu Sehat.

FKUI pernah melakukan kerja sama serupa bersama Erasmus beberapa tahun lalu dengan mengirimkan mahasiswa untuk membantu pelayanan kesehatan di sekitar Jabodetabek. UI juga juga terlibat dalam Indonesian One Health University Network (INDOHUN) yang dikelola oleh Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI.

Selain bidang lingkungan dan kesehatan, kerja sama juga ditawarkan untuk bidang sains dan teknologi.

Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum FTUI Mahmud Sudibandriyo membuka peluang kerja sama double degree antara OSU dan UI.

Usulan tersebut diamini oleh Dekan FKM UI Mondastri Korib Sudaryo dan Manajer Kerja Sama Pendidikan dan Penelitian Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI Laksmita Rahadianti. Keduanya tertarik untuk membuka program kelas internasional dan short course.

Diskusi terkait peluang kolaborasi UI dan OSU juga dihadiri oleh delegasi dari masing-masing universitas.

Perwakilan dari UI terdiri atas Direktur Kerja Sama UI Toto Pranoto,  Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Jonathan Marpaung, Kasubdit Peningkatan Kapasitas Staf Akademik (PKSA) Direktorat Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran (DPASDP) FA Triatmoko HS.

Sementara perwakilan OSU antara lain Dean of College of Engineering, Architecture, and Technology OSU Hanchen Huang,  Assistant Dean & Director of Global Partnerships Jeffrey Simpson, Head and Professor, School of Industrial Engineering and Management  Guiping Hu, Professor, School of Industrial Engineering and Management Lizhi Wang, dan Director of Global Health OSU Center for Health Sciences Jonathan Lowe.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024