Universitas Indonesia (UI) melalui Direktorat Kerja Sama dan Direktorat Inovasi Scince Techno Park (DISTP) menggelar "The 1st UI Health Innovation Expo 2024" yang melibatkan Fakultas Rumpun Ilmu Kesehatan yang ada di kampus tersebut.

Rumpun ilmu kesehatan yang terlibat yaitu Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Gigi (FKG), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK), dan Fakultas Farmasi (FF).

"Agenda utama UI Health Innovation Expo 2024 meliputi seminar, pameran, dan penandatanganan kerja sama," kata Direktur Kerja sama UI Toto Pranoto di Kampus UI Depok, Kamis.

Baca juga: UI tampilkan lima produk unggulan berlisensi dalam Paten Expo 2024

Toto mengatakan kegiatan ini dalam rangka mendorong dan mewadahi kreavifitas dan inovasi bidang kesehatan UI, yang merupakan hasil-hasil penelitian dan riset pengembangan di bidang kesehatan masyarakat, guna membangun kolaborasi dan sinergi antara UI dengan industri kesehatan dan para kepentingan di sektor ini.

Selain itu juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan dan gaya hidup yang sehat.

Toto menjelaskan UI-health innovation Expo 2024 ini diikuti 900 peserta yang berasal dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen, peneliti, profesional bidang kesehatan, para peneliti, para pengelola rumah sakit daerah, dan sektor-sektor lainnya yang bergerak pada industri sektor kesehatan.

Baca juga: UI CISE Expo kenalkan dunia profesi pada mahasiswa

"Ada beberapa contoh inovasi kaitannya dengan apa yang akan di tampilkan dalam UI-Health Expo ini, di antaranya  adalah nanti kita akan bisa melihat tampilan dari perangkat medis yang lebih canggih dan ramah lingkungan dan juga aplikasi kesehatan mobile yang membantu masyarakat untuk menjaga kesehatan, juga nanti ada kaitan tentang soal solusi dan inovatif untuk mengatasi masalah kesehatan masyarakat," katanya.

Selama kegiatan UI-Health Inovasi juga  tersedia layanan publik seperti pembuatan paspor dan pemeriksaan kesehatan gratis.

Acara ini menghadirkan tokoh-tokoh inspiratif dari berbagai bidang dan terdapat pembicara utama seperti Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono Harbuwono yang membahas kesehatan dengan tema Peran Indonesia Sehat sebagai Upaya Transformatif menuju Indonesia Emas 2044.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024