Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi, Jawa Barat (Jabar), menggelar perlombaan kampung bersih, sehat, asri atau berseri sebagai rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, sekaligus upaya menekan krisis lingkungan melalui inovasi perbaikan kualitas lingkungan hidup.

Lomba Kampung Berseri ini merupakan hasil kerja sama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bekasi dengan pihak swasta melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) perusahaan guna menyelesaikan persoalan lingkungan yang berdampak pada penurunan kualitas hidup.

"Lomba ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang selaras dengan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan. Komitmen PT Yutaka Manufacturing Indonesia dalam hal pendampingan lingkungan," kata Sekretaris DLH Kabupaten Bekasi Sukmawaty Karnahadijat di Cikarang, Kamis.

Baca juga: Tim penilai lomba kampung bersih Bekasi kunjungi desa peserta lakukan penjurian

Dia mengatakan pendaftaran Lomba Kampung Berseri ini sudah dibuka sejak 12-30 Juni 2024 dengan jadwal pelaksanaan perlombaan pada 2 Juli 2024.

Perlombaan ini dapat diikuti sejumlah kalangan mulai dari unsur penggerak PKK, komunitas bank sampah, kelompok wanita tani, karang taruna, hingga perangkat wilayah yang terdiri atas rukun tetangga, dusun, desa, maupun kelurahan.

"Untuk pembukaan lomba ini nanti bertempat di Area Edu Ecopark Baitul Makmur Sakinah, Kecamatan Cikarang Barat," katanya.

Seluruh peserta lomba akan mendapatkan apresiasi berupa pelatihan dan pendampingan program serta sertifikat. Selain itu para pemenang juga akan mendapatkan hadiah berupa uang pembinaan serta piagam penghargaan.

Baca juga: Ini pemenang Lomba Kampung Tangguh Jaya di Kota Bekasi

"Kriteria penilaian perlombaan yang dipakai seperti aktif mengikuti kelas pendampingan, aksi lingkungan, dan PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat), serta mengirimkan tugas kelas," ucapnya.

Dia berharap Lomba Kampung Berseri mampu mengubah kondisi lingkungan wilayah dan tempat tinggal masyarakat Kabupaten Bekasi menjadi lebih sehat, bersih, asri, serta berwawasan lingkungan.

"Semoga ajang perlombaan ini mampu merangsang masyarakat untuk lebih aware terhadap diri sendiri dengan perilaku hidup bersih dan sehat juga kepada lingkungan, menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri, sekaligus mendukung program pemerintah dalam menjaga kelestarian alam," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024