Cibinong (Antara Megapolitan) - Bupati Bogor, Jawa Barat Nurhayanti menyebutkan bila diperlukan wisatawan diminta membawa kantong keresek sendiri untuk mengantongi sampahnya pulang dan membuang susuai TPA tempat tinggal usai melancong di tempat wisata wilayahnya.  
    
"Jadilah wisatawan yang cinta lingkungan, bila perlu wisatawan bawa keresek sendiri buang sampah bawa sendiri pulang," kata dia pada Pekan Lingkungan Hidup Hari Jadi Bogor ke-535 tahun 2017 di Lapangan Tegar Beriman Cibinong, Kamis.  
    
Nurhayanti menilai menjaga lingkungan tidak bisa dilakukan sendiri sehingga pemerintah Kabupaten Bogor akan terus melakukan edukasi terhadap masyarakat tentang tanggungjawab lingkungan.  
    
Wisatawan diharapkan bisa tertib dalam urusan sampah ketika berwisata khususnya di daerah hulu sungai Kabupaten Bogor yakni daerah Puncak Cisarua yang merupakan induk sungai Ciliwung dan Cisadane dengan membawa kantong keresek sampah sendiri.  
    
"Harus mau cinta bersih, cinta lingkungan kita akan terus lakukan sosialisasi dan edukasi," katanya lagi.
    
Pencemaran sungai di hulu, kata dia akan menyebabkan tersendatnya air di pertengahan apalagi di daerah dataran rendah sehingga menyebabkan banjir dan pencemaran air dan lingkungan lainnya.
    
Dengan terbiasa mengumpulkan sampah sesuai jenisnya dimana pun, Nurhayanti yakin upaya tersebut akan membuat masyarakat refleks untuk tertib membuang pada tempatnya dan melihat potensi sampah menjadi barang bernilai.
    
Termasuk, mendorong Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengakomodasi penggiat lingkungan hidup agar mendapat perhatian lebih dengan memberikan pengarahan agar lembaga pengelola sampah bisa lebih peoduktif.  
    
Ia juga menambahkan Pemkab Bogor mengapresiasi pergerakkan penggiat lingkungan hidup yang selama ini selalu memantau tumpukkan sampah dan mengedukasi masyarakat tanpa pamrih.  
    
Sebab itu,  ia berharap kedewasaan masyarakat, pelaku usaha, pengelola tempat wisata serta wisatawan itu sendiri menjauhkan diri dari sanksi lingkungan.  
    
Yakni tidak nyamannya sekitar tempat tinggal, kantor bahkan tempat umum.

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017