Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengatakan penyiaran nasional harus menjadi barometer sumber informasi yang cepat, akurat, dan kredibel bagi masyarakat.

"Negara memiliki tanggung jawab konstitusi agar informasi yang didapatkan oleh warga negara bermanfaat bagi pembangunan dan kesejahteraan serta kedaulatan bangsa. Untuk itu, penyiaran nasional harus menjadi barometer sumber informasi yang cepat, akurat, dan kredibel bagi masyarakat," ucap Wapres dalam sambutannya pada acara Peringatan Hari Penyiaran Nasional (Harsiarnas) Ke-91 dan Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) 2024 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Banten, Senin.

Wapres menyatakan bahwa era digitalisasi penyiaran tidak hanya membuka peluang partisipasi bagi tokoh penyiaran baru, tetapi juga meningkatkan tanggung jawab kita untuk menjaga kualitas dan integritas informasi yang disalurkan.

"Saat ini, pemanfaatan internet pada hampir seluruh aspek kehidupan manusia tentunya memiliki dampak positif dan negatif yang harus diantisipasi," katanya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin usul bansos dicabut bila penerimanya gunakan untuk berjudi
Baca juga: Wapres Ma'ruf Ami resmikan peluncuran RIPPP dan SIPPP percepat pembangunan Papua

Dengan jumlah pemirsa televisi di Indonesia yang mencapai kurang lebih 130 juta orang, sebut Wapres, KPI masih harus berperan sebagai mitra strategis pemerintah dan menjadi garda terdepan dalam menjamin perolehan informasi yang layak dan benar bagi masyarakat.

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024