Radio Swara Pakuan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan Kota Bogor, Jawa Barat, menuai banyak pujian saat kembali melakukan siaran live multiplatform, Sabtu.

Inovasi dan kreasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi konsentrasi Televisi, Radio, Media Baru (TRMB 2) ini merupakan radio kampus pertama yang melakukan siaran live multiplatform terlengkap.

Siaran live radio multiplatform bertajuk “Impact” terhubung dengan beberapa platform digital seperti Radio Streaming, Youtube, Instagram, Tiktok, dan Zoom sehingga pendengar radio tidak hanya mendengar tapi juga melihat jalannya siaran.
 
Program Impact menghadirkan dialog eksklusif bersama Prof. Dr. Eri Sarimanah selaku Wakil Rektor I Universitas Pakuan. Serta menghadirkan langsung narasumber yang menginspirasi yakni Eno Bening seorang media social specialist. 

Tak hanya itu, melalui sambungan zoom, Hamzah Assuudy Lubis, mahasiswa University of Tripoli, Lebanon sekaligus Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia periode 2023-2024, dan Moses Hasiholan Siregar, Sekjen PPI-UK dari London School Of Economic & Political Science (LSE). Keduanya membagikan pengalaman menarik yang menginspirasi.
 
Inovasi pengembangan siaran radio menggunakan beberapa platform digital ini pun dibanjiri pujian, mulai dari Staf Khusus Presiden Republik Indonesia, Ketua Umum Persatuan Penyiar Radio Seluruh Indonesia (Persiari), Broadcaster of MNC Trijaya FM, Wakil Rektor I Universitas Pakuan, Dekan FISIB Universitas Pakuan, dan para narasumber yang terlibat pada siaran radio live multiplatform tersebut.
 
Staf Khusus Presiden Republik Indonesia Angkie Yudistia memuji mahasiswa TRMB 1 FISIB Universitas Pakuan yang sudah kreatif berinovasi melakukan siaran radio multiplatform. Ia meyakini bahwa mahasiswa lulusan Universitas Pakuan memiliki skill dan kreatifitas yang dibutuhkan industri terkait.
 
“Saya sangat mengapresiasi, kegiatan siaran radio multiplatform ini adalah wadah bagi mahasiswa untuk memaksimalkan potensinya. Saya juga memuji kerja keras tim dibalik layar yang sama-sama berkontribusi mensukseskan acaranya,” kata Angkie.
 
Ketua Umum Persatuan Penyiar Radio Seluruh Indonesia (Persiari) Suwiryo menuturkan, radio semakin berkembang, masa depan radio adalah multiplatform, tidak hanya didengarkan, melalui telinga, tapi radio saat ini sudah bisa dilihat oleh mata, visual juga berperan penting dalam menghadirkan informasi dan karakter radio yang sangat kuat.
 
“Saya bangga luar biasa kepada mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Konsentrasi Televisi Radio dan Media Baru menyelenggarakan siaran langsung radio multiplatform bersama, semoga terus lahir SDM penyiaran yang semakin berkualitas,” tutur Suwiryo.
 
Broadcaster of MNC Trijaya FM Fadly Sungkara menyampaikan, sebagai orang radio dirinya bangga dengan kreativitas kawan kawan mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi konsentrasi TRMB yang berhasil menyelenggarakan siaran radio multiplatform.
 
“Sukses untuk siaran radio multiplatformnya, Radio brings people together, terus berkarya dan berprestasi, radio satu suara berjuta telinga,” ujar Fadly.
 
Berikutnya Wakil Rektor I Universitas Pakuan, Prof.Dr.Eri Sarimanah M.Pd mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi Radio Swara Pakuan FISIB Universitas Pakuan menjadi yang pertama di Indonesia yang melaksanakan siaran live multiplatform terlengkap.

“Semoga inovasi dan kreatifitas mahasiswa TRMB menjadi inspirasi bagi yang lain mulai dari lingkup yang terkecil, hingga yang terbesar dalam rangka peningkatan kapasitas SDM bidang penyiaran khususnya radio,” ungkap Eri.
 
Prof. Eri juga mengaku bahagia sekali bisa hadir langsung di Radio Swara Pakuan menyaksikan siaran radionya yang sangat luar biasa semangat untuk semuanya terus berkarya dan berinovasi.
 
Selanjutnya, Dekan FISIB Universitas Pakuan Dr Henny Suharyati M.Si merasakan kesan yang mendalam saat hadir menyaksikan langsung kegiatan siaran Radio Swara Pakuan live multiplatform. Menurutnya program ini bisa menjadi ajang promosi bagi FISIB dan tentunya Universitas Pakuan.

“Saya sangat mengapresiasi, luar biasa untuk siaran multiplatform Radio Swara Pakuan ini, mahasiswanya hebat, dosen-dosen hebat. Saya terkesan sekali, bahwa Radio Swara Pakuan sudah mengudara melalui siaran multiplatform,” kata Henny.
 
Eno Bening seorang konten kreator yang juga media social specialist turut memuji inovasi pengembangan siaran radio melalui multiplatform yang dilakukan mahasiswa TRMB 2, FISIB Universitas Pakuan.

“Saya sangat takjub dengan kesiapan mahasiswa TRMB FISIB Universitas Pakuan, karena sudah sangat mampu mengoperasikan semua alat di lab radio Swara Pakuan ini untuk bersiaran live multiplatform, satu kata buat kalian semoga semua lulus,” terang Eno.

Hamzah Assuudy Lubis, mahasiswa University of Tripoli, Lebanon sekaligus Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia periode 2023/2024 juga menyebutkan, dirinya senang bisa terlibat live multiplatform di Radio Swara Pakuan hari ini. 

“Mahasiswa merupakan tonggak pondasi kemajuan Indonesia saat ini dan masa depan, sehingga peran kita semua sebagai mahasiswa sangat penting bagi perkembangan negara dan bangsa. Teruslah berkolaborasi dan berinovasi dalam berperan aktif dalam diplomasi segala sektor untuk mendukung Indonesia maju,” tandas Hamzah.

Moses Hasiholan Siregar, Sekjen PPI-UK dari London School Of Economic & Political Science (LSE) mengatakan, anak-anak muda harus memiliki motivasi untuk terus berkontribusi. Dan anak muda menjadi salah satu yang paling aktif berkreasi di media online.

“Tetap semangat berkreatifitas, satu yang harus diingat, mari tingkatkan fighting spirit kita menuju Indonesia emas 2045,” kata Moses.

Pewarta: ANTARA

Editor : M Fikri Setiawan


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024