Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Timur (Kutim) menggencarkan aksi penanaman terumbu karang di Pantai Teluk Lingga dalam rangkaian memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.
 
“Penanaman terumbu karang ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. Penanaman terumbu karang bertujuan untuk memulihkan kondisi Pantai Teluk Lingga yang berlokasi di Kecamatan Sangatta Utara,” kata Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kutim Andi Palesangi di Kutai Timur, Kaltim, Sabtu.
 
Ia mengatakan dengan momentum Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Pemkab Kutim berusaha memperhatikan daerah-daerah terpenting, salah satunya daerah pesisir pantai yang banyak mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia.

Baca juga: Kelompok konservasi Situbondo bersihkan sampah di dasar laut peringati Hari Laut Sedunia 2024
 
Selain melakukan penanaman terumbu karang, DLH Kutim juga melakukan penanaman mangrove di bibir pantai serta pembersihan sampah pada area Pantai Teluk Lingga.
 
“Kami berharap masyarakat sekitar dapat berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup, demi keberlangsungan masa depan lingkungan hijau,” kata Andi.
 
Sementara itu, Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman mengatakan wilayah Pantai Teluk Lingga saat ini masih terlihat asri, harus terus dijaga dan dilestarikan.
 
“Saya minta Dinas Lingkungan Hidup agar terus melakukan pemantauan setiap kegiatan yang ada di daerah sini,” katanya.
 
Baca juga: Raja Ampat butuh 107 tambat labuh untuk kelestarian terumbu karang akibat aktivitas lego jangkar
 
Ia menyayangkan masih adanya kerusakan lingkungan yang terjadi di wilayah sekitar pantai Teluk Lingga, seperti penebangan pohon mangrove yang dilakukan masyarakat.
 
Seperti diketahui, saat ini pantai Teluk Lingga belum menjadi aset wisata Kabupaten Kutai Timur, karena masih melakukan kajian terkait wilayah tersebut.
 
“Memang sampai saat ini belum ada APBD yang kami kucurkan untuk kawasan Pantai Teluk Lingga, karena sejak dahulu wilayah ini dikelola masyarakat secara mandiri," katanya.

Baca juga: Penjaga Laut buka donasi untuk transplantasi terumbu karang di perairan Morela Maluku
 
Baharuddin, seorang nelayan di pantai Teluk Lingga telah melakukan pelestarian dan penanaman terumbu karang sejak tahun 2016. Ia melakukan penanaman terumbu karang sebanyak ratusan jenis.
 
Dengan bermodal kemandirian sebagai nelayan, Baharuddin melakukan penanaman terumbu karang dengan harapan lingkungan laut di Pantai Teluk Lingga dapat lebih indah.
 
“Kami berharap pantai Teluk Lingga ini terus terjaga dan dijadikan wilayah konservasi terumbu karang oleh pemerintah Kabupaten Kutai Timur,” katanya.

Pewarta: Ahmad Rifandi

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024