Penjabat Wali Kota Bogor Hery Antasari mengimbau panitia kurban untuk melakukan pendistribusian daging hewan kurban pada Idul Adha 1445 Hijriah secara merata atau proporsional.

“Saya kurang paham (soal pendistribusian daging). Tapi, prinsipnya bahwa merata dalam artian semua dalam proporsional,” ujarnya di Masjid Raya Bogor, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin.

Ia mengakui bahwa pendistribusian daging kurban bukan ranah pemerintah kota (pemkot). Namun, pihaknya akan membantu melakukan sosialisasi terkait dengan hal tersebut.

Sebagai contoh, kata dia, apabila dalam suatu wilayah terdapat kelebihan daging hewan kurban, kelebihan itu bisa dibagikan ke warga di luar wilayah tersebut.

Baca juga: Pemkot selenggarakan Shalat Idul Adha di Masjid Raya Bogor
Baca juga: Pemkot Bogor pantau dan periksa kesehatan hewan kurban jelang Idul Adha
Baca juga: Pj Wali Kota Bogor pastikan persiapan Idul Adha sudah berjalan lancar

“Kemudian penerima juga tidak harus dari perumahan saja. Oleh karenanya, saya mengimbau bisa dibagikan ke luar,” kata dia.

Ia juga mengatakan bahwa perayaan Idul Adha mengajarkan manusia tentang arti keikhlasan, pengorbanan, kebersamaan, gotong royong, dan berbagi.

Selama ini, kata Hery, pemerintah lebih fokus kepada pembangunan-pembangunan fisik sehingga momentum Idul Adha ini menjadi pengingat bagi semua.

“Artinya banyak hal di banyak daerah kita yang harus kita tingkatkan. Mudah-mudahan kita tidak melupakan hubungan antarmanusia,” ujarnya.

Pewarta: Shabrina Zakaria

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024