Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, mempromosikan wisata industri pada ajang Gebyar Wisata Nusantara Expo ke-20, yang digelar, di Jakarta selama 13-15 Juni 2024.

"Selain memasarkan produk kerajinan unggulan lokal, kami juga melakukan promosi wisata industri sebagai salah satu program tur wisata unggulan di Kabupaten Bekasi," kata Pelaksana Harian Bupati Bekasi Iyan Priyatna di Cikarang, Jabar, Kamis.

Ia mengatakan Gebyar Wisata Nusantara Expo ini menjadi salah satu momentum tepat untuk memperkenalkan program pariwisata unggulan Kabupaten Bekasi dengan potensi pusat kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

Baca juga: Pemkab Bekasi suguhkan wisata industri gratis bagi kafilah MTQ Jawa Barat
Baca juga: Dinas Pariwisata Bekasi perkenalkan wisata industri ke Yogyakarta

"Jadi, sambil memperkenalkan produk-produk e-craft maupun hasil kreasi ekonomi kreatif lain, ajang ini memang sebagai momentum mempromosikan potensi wisata di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah kita," katanya.

Dia mengatakan pemerintah daerah terus berupaya menyebarluaskan program wisata industri melalui promosi kepada pemerintah daerah khususnya di Pulau Jawa dengan target pelajar dan mahasiswa yang dapat lebih mudah menjangkau Kabupaten Bekasi melalui transportasi darat.

Pemerintah Kabupaten Bekasi juga gencar mempromosikan wisata industri melalui media sosial karena cara tersebut terbukti berhasil mendatangkan wisatawan dari luar Pulau Jawa.

"Kami terus melakukan promosi ini secara masif dan kini bukan hanya pengunjung dari Pulau Jawa saja yang tertarik, sebagian dari mereka bahkan ada rombongan yang berasal dari luar Pulau Jawa," katanya.

Baca juga: Wisata industri Kabupaten Bekasi meningkat signifikan

Paket wisata industri ini menawarkan sejumlah keunikan produk yang bisa langsung didapatkan dari tempat produksi. Selain itu, pengunjung juga dapat menyaksikan etos kerja pegawai perusahaan serta situasi kerja dunia nyata secara langsung.

"Setiap pabrik punya keunikan masing-masing. Mahasiswa dan pelajar bisa melihat etos kerja di pabrik seperti apa, jadi mereka tidak kaget lagi dan bisa cepat beradaptasi dengan dunia kerja setelah lulus sekolah nanti," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024