Kota Deltamas berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Bekasi, Kementerian Lingkungan Hidup, dan sejumlah tenan perusahaan melakukan penanaman pohon di Kawasan Industri GIIC dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia.

"Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk melestarikan lingkungan sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan sekaligus memperingati World Environment Day," kata Direktur Operasional Kota Deltamas Tommy Satriotomo di Cikarang, Rabu.

Sejumlah tenan perusahaan terlibat dalam kegiatan ini antara lain Yili, Suzuki Motors, Futaba, Nissin, Sakafarma, dan Data Center. Acara ini turut dihadiri Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan, serta Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi.

Baca juga: AHY pimpin kegiatan tanam 100.000 pohon se-Indonesia peringati Hari Lingkungan Hidup

Tommy menyatakan Kota Deltamas selalu berusaha untuk dapat berkontribusi dalam upaya pelestarian lingkungan dan mengatasi dampak dari perubahan iklim.

Melalui gerakan bersama menanam pohon pihaknya mengajak para tenan yang berlokasi di kawasan industri Kota Delta Mas untuk aktif mengurangi emisi global dan bersama-sama menghasilkan udara sejuk, bersih, serta sehat.

"Dalam kesempatan ini kami menanam 1.000 pohon yang terdiri atas pohon gmelina, gabon, mangga, dan flamboyan. Kami senantiasa berupaya menjadikan Kota Deltamas sebagai kawasan industri yang bersih, sehat, dan tentunya ramah lingkungan," katanya.

Baca juga: Indocement bagikan tempat sampah di desa mitra peringati hari lingkungan hidup

Kota Deltamas secara aktif melaksanakan program penanaman pohon setiap tahun sebagai wujud komitmen perusahaan untuk memperhatikan kelestarian lingkungan hidup.

Penanaman pohon bersama di Kota Deltamas telah dilaksanakan sejak tahun 2002 hingga Juni 2024 dengan jumlah pohon lindung lebih dari 25.000 pohon. Jenisnya terdiri atas pohon mahoni, kayu afrika, gmelina, jabon, jati, mahoni, alpukat, durian, mangga, nangka, petai, sawo, trembesi dan sengon.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan kegiatan penanaman bibit pohon ini serentak dilakukan di 10 titik hutan kota kawasan industri termasuk Kota Deltamas sebagai upaya menekan gas emisi sekaligus menjaga lingkungan dari polusi aktivitas industri.

Baca juga: Indocement Melepasliarkan Satwa Peringati Hari Lingkungan Se-Dunia

Kegiatan tersebut diawali dengan penanaman serentak 100.000 bibit pohon mahoni yang dipimpin langsung Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono bersama jajaran se-Indonesia yang dipusatkan di kompleks perkantoran Pemkab Bekasi, kawasan industri Kota Delta Mas, Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat.

"Kami juga meminta seluruh kawasan industri untuk menyediakan hutan kota, setidaknya taman-taman penghijauan. Selain memperindah dan meningkatkan nilai kawasan itu sendiri, tentu fungsi ekologisnya adalah menyerap karbon menjadi oksigen. Semakin banyak pohon, semakin sejuk, semakin sehat lingkungan kita," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024