Kantor sistem administrasi manunggal satu atap atau Samsat Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membuka gerai pelayanan publik di pusat perbelanjaan Aeon Mal Deltamas, Kecamatan Cikarang Pusat, untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan bermotor.

Kepala Kantor Samsat Kabupaten Bekasi Mochamad Fajar Ginanjar mengatakan pembukaan gerai ini sebagai komitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan memperbanyak loket-loket layanan di simpul-simpul keramaian publik.

"Salah satunya dengan mendirikan Gerai Samsat di Aeon Mall Deltamas lantai F2. Gerai ini melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan," katanya di Cikarang, Rabu.

Baca juga: Samsat Bekasi buka gerai baru permudah layanan pajak kendaraan bermotor

Ia mengatakan tujuan dibuka gerai pelayanan publik di Aeon Mal Deltamas itu untuk mendekatkan jangkauan layanan kepada masyarakat sehingga mereka tidak perlu datang ke Kantor Samsat Induk yang berjarak relatif jauh dari lokasi gerai.

"Sehingga warga yang tinggal di sekitar Aeon Mal Deltamas Cikarang Pusat ini tidak perlu datang ke Kantor Samsat Kabupaten Bekasi tapi cukup ke sini saja," katanya.

Dirinya berharap keberadaan Gerai Samsat di Aeon Mal Deltamas ini menjadi solusi pemerataan pelayanan yang semakin terjangkau oleh seluruh wajib pajak, termasuk upaya memangkas kesulitan jarak tempuh warga.

Baca juga: Samsat Bekasi: Pajak kendaraan bermotor dibayar dengan pembiayaan koperasi

Samsat Kabupaten Bekasi juga telah membuka gerai pelayanan serupa di sejumlah wilayah antara lain Ruko Thamrin Tambun, Samsat Cibarusah, Kecamatan Setu, serta Gerai Samsat Babelan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat.

Fajar berharap dengan kemudahan pelayanan pajak kendaraan yang profesional, modern, dan terpercaya ini akan memberikan manfaat terutama dalam menggali potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Karena pajakmu untuk membangun Jawa Barat khususnya Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Baca juga: Samsat Kabupaten Bekasi bebaskan denda pajak kendaraan bermotor

Warga Desa Sukamahi, Kecamatan Cikarang Pusat, Said (48) mengatakan keberadaan gerai pelayanan publik di Aeon Mal Deltamas ini sangat membantu masyarakat mengakses pembayaran pajak kendaraan bermotor.

"Sudah jaraknya dekat, terus pelayanan juga maksimal. Tadi saya bayar pajak kendaraan mobil, tidak butuh waktu lama, cukup tunggu lima menit langsung jadi. Petugas pelayanan juga sangat responsif dan ramah," kata dia.*

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024