Sukabumi (Antara Megapolitan) - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, berencana membuat pusat kesehatan hewan atau puskeswan untuk mempermudah penanganan kesehatan hewan baik peliharaan maupun liar.

"Dalam pembentukkan dan pendirian puskeswan ini kami akan melibatkan dokter hewan dan lain-lain," kata Wali Kota Sukabumi M Muraz di Sukabumi, Rabu.

Menurutnya, keberadaan puskeswan tersebut memang sangat dibutuhkan warga apalagi saat ini sudah banyak komunitas-komunitas pecinta hewan di Kota Sukabumi yang membutuhkan pelayanan untuk memeriksakan hewan peliharaannya secara rutin.

Selain untuk pecinta hewan, puskeswan juga untuk mencegah adanya hewan liar yang terjangkit penyakit berbahaya dan bisa ditularkan kepada manusia contohnya rabies. Sehingga jika ada laporan dari masyarakat bisa langsung ditanggulangi.

Lebih lanjut, sarana itu juga untuk membantu warga yang memiliki hewan peliharaan yang ingin memeriksakan kesehatan hewan kesayangannya tetapi tidak memiliki uang yang cukup.

Melalui puskeswan siapapun bisa memanfaatkannya dan biayanya pun akan disesuaikan.

"Kami berharap puskeswan ini bisa segera didirikan dan menentukan lokasi tepat serta mudah terjangkau oleh siapapun," tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Sukabumi Kardina Karsoedi mengatakan secara rutin memberikan sosialisasi kepada pemilik hewan peliharaan agar selalu menjaga kesehatannya serta membersihkan kandangnya setiap hari untuk mengantisipasi penyebaran penyakit baik dari hewan maupun kotorannya.

"Kesehatan hewan selalu dipantau dan diperiksa oleh petugas secara rutin ini mencegah ada yang terjangkit penyakit dan bisa menular kepada manusia," katanya. ***4***

(T.KR-ADR/B/A043/A043) 03-05-2017 15:59:31

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017