Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) melatih 121 duta wisata untuk membantu pemerintah dalam mempromosikan pariwisata yang ada di Kabupaten Kolut, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Penjabat (Pj) Bupati Kolut Sukanto Toding di Kolut, Senin, mengatakan bahwa ratusan peserta duta wisata itu terdiri dari 79 orang peserta putri dan 42 peserta putra, yang berasal dari 15 kecamatan di Kabupaten Kolut.

"Totalnya ada 121 orang peserta," kata Sukanto.

Dia menyebutkan bahwa dirinya memberikan apresiasi kepada Pemkab Kolut, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan para penyelenggara pertunjukan yang telah menginisiasikan kegiatan pelatihan tersebut.

Baca juga: Sultra mantapkan Desa Wisata Sani-Sani Kolaka

“Kemampuan dan keterampilan yang dihasilkan dalam pelatihan ini akan sangat bermanfaat untuk memperkaya potensi pariwisata dan sumber daya manusia di Kolaka Utara, sebagai daerah wisata yang menjanjikan,” ujarnya.

Sukanto menyampaikan bahwa tujuan utama dari pelatihan tersebut untuk membekali para peserta dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan dalam industri pariwisata.

"Para peserta akan mendapatkan wawasan mengenai cara mempromosikan destinasi wisata Kolaka Utara, yang kaya akan keindahan alam dan budayanya. Diharapkan, para duta wisata ini dapat menjadi agen perubahan yang mendorong peningkatan jumlah wisatawan lokal maupun internasional," jelasnya.

Selain itu, lanjut Sukanto, pelatihan itu juga bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan kemampuan komunikasi para peserta duta wisata yang ada di Kolut. Dengan demikian, mereka diharapkan mampu berperan aktif dalam berbagai acara dan kegiatan pariwisata, serta bisa menjadi representasi positif dari Kolaka Utara di tingkat regional maupun tingkat nasional.

Baca juga: Ini 19 desa wisata di Sultra yang berhasil lolos masuk 500 besar ADWI 2023

"Melalui pembekalan ini, para peserta diharapkan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak, baik pemerintah maupun swasta, dalam rangka memajukan sektor pariwisata daerah," ucapnya.

Dia menambahkan bahwa dengan mengembangkan potensi duta wisata yang kompeten dan berwawasan luas, Kolaka Utara berupaya membangun citra sebagai destinasi wisata yang menarik dan ramah.

“Duta wisata yang terlatih dan bersemangat akan menjadi ujung tombak promosi pariwisata daerah. Mereka tidak hanya akan memperkenalkan keindahan alam dan budaya Kolaka Utara, tetapi juga akan menginspirasi masyarakat untuk lebih peduli dan aktif dalam memajukan pariwisata daerah,” tambah Sukanto

Pewarta: La Ode Muh. Deden Saputra

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024