Sukabumi (Antara Megapolitan) - Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Jawa Barat wilayah Kota Sukabumi menyebutkan ribuan kendaraan baik roda dua maupun empat atau lebih tunggak membayar pajak kendaraan bermotor.

"Data kendaraan yang ada di wilayah kami jumlahnya sekitar 128 ribu, dari jumlah tersebut 38 persennya menunggak membayar PKB tahunan," kata Kepala Cabang Bapenda Jabar wilayah Kota Sukabumi Endang Sukardi di Sukabumi, Selasa.

Menurutnya, untuk menekan angka tunggakan pajak tersebut pihaknya secara rutin melakukan razia gabungan seperti yang dilakukan pada Selasa, (2/5) ini yang menjaring ratusan kendaraan bermotor yang menunggak bayar pajak.

Adapun sasaran utamanya adalah yang pajaknya mati atau belum dibayar karena kesadaran warga Kota Sukabumi dalam membayar kewajibannya itu masih kurang dan mayoritas yang terjaring dalam razia ini adalah kendaraan roda dua.

Bahkan sesuai data pihaknya ada sekitar 30 ribu kendaraan roda dua yang menunggak bayar PKB tahunannya. Sehingga mereka yang terjaring razia tersebut bisa langsung membayar PKB melalui Samsat Gendong yang telah disediakan.

"Razia ini bertujuan untuk memberikan efek jera sekaligus meningkatkan kesadaran pemilik kendaraan untuk membayar kewajibannya kepada negara," tambahnya.

Endang mengatakan rencananya operasi seperti ini akan terus dilakukan di titik berbeda, diharapkan dengan cara tersebut masyarakat akan lebih peduli dan sadar bahwa membayar pajak itu merupakan suatu kewajiban yang uangnya akan digunakan untuk pembangunan.

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017