Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menitipkan sejumlah pesan kepada 115 anggota ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang baru saja dilantik demi kesuksesan penyelenggaraan pemilihan kepala daerah atau Pilkada 2024 hingga penentu arah pembangunan.

"Saya minta segenap PPK yang baru saja dilantik untuk selalu menjaga netralitas, soliditas, dan integritas dalam menjalankan tugas pelaksanaan tahapan pilkada," katanya di Cikarang, Kamis.

Dia menegaskan penyelenggara pemilu harus senantiasa bersikap netral, tegas, dan normatif karena hasil pemilihan yang baik ditentukan pula oleh proses penyelenggaraan yang berkualitas serta berintegritas.

"Mari manfaatkan momentum ini dengan sebaik-baiknya, kita solidkan kekuatan, bulatkan tekad, dan luruskan niat. Sehingga meskipun pengabdian PPK singkat tetapi mampu menimbulkan dampak jangka panjang," katanya.

Baca juga: Pilkada Kabupaten Bekasi 2024 dipastikan tanpa diikuti calon perseorangan

Menurut dia peran dan komitmen PPK sebagai bagian dari penyelenggaraan pemilihan umum sangat penting hingga mampu menentukan arah kebijakan pembangunan daerah ke depan.

"Apabila PPK mampu bekerja on the track sesuai komitmen hingga menghasilkan pimpinan terbaik yang sesuai dengan pilihan masyarakat," katanya.

Pemkab Bekasi tengah menyusun Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) yang akan dituntaskan oleh bupati terpilih nanti.

"Implementasinya nanti tergantung bupati terpilih mendatang. Makanya saya titipkan kepada PPK untuk dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," katanya.

Baca juga: Bawaslu Kabupaten Bekasi komitmen kawal tahapan Pilkada 2024

Dani menilai apabila segenap penyelenggara termasuk PPK terpilih ini mampu mengemban amanah serta menjunjung tinggi komitmen, maka seluruh pekerjaan akan tuntas dengan baik.

"Karena Pilkada ini bukan yang asal berjalan saja tetapi akan menentukan nasib Kabupaten Bekasi ke depan," ucapnya.

Ia berharap seluruh anggota PPK dapat menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya sehingga Pilkada di Kabupaten Bekasi dapat diselenggarakan dengan lancar, aman, jujur, dan adil dalam suasana damai serta kondusif.

"Selamat atas pelantikan PPK Pilkada tahun 2024. Ini tentu merupakan sebuah sinyal bahwa tantangan yang dihadapi oleh rekan-rekan dalam penyelenggaraan Pilkada 27 November tidak lebih ringan dari Pilpres dan Pileg kemarin," ucapnya.

Baca juga: KPU Bekasi buka sayembara maskot dan jingle pilkada 2024

Dirinya juga memastikan pemerintah daerah akan selalu mendukung penuh KPU dalam menjalankan tugas, baik dari segi anggaran maupun sarana prasarana yang dibutuhkan.

"Seperti Pilpres kemarin kita juga sudah menurunkan anggaran di setiap kecamatan, sehingga untuk memfasilitasi kegiatan PPK apalagi Pilkada ini kepentingan lokal lebih kuat. Saya minta para camat, kepala dinas terkait harus lebih maksimal lagi," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024