Dosen Psikologi University of Malaya Dr. Fonny Dameaty Hutagalung memberikan kuliah umum di Universitas Pancasila (UP) untuk menambah wawasan keilmuan tentang psikologi kepada para mahasiswa UP.

Kuliah umum mengangkat tema Academic Excellence for College Students 5.0: Trends about Higher Education in South East Asian Nations.

"Dengan adanya kegiatan kuliah umum ini, mahasiswa diharapkan dapat lebih mampu mengikuti tren pendidikan tinggi dan pola belajar di ASEAN serta mampu memanfaatkan Ilmu Psikologi dalam membangun generasi yang siap terhadap tuntutan zaman," kata Wakil Rektor I Prof. Dr. Sri Widyastuti, S.E., M.M., M.Si. di Jakarta, Kamis.

Menurut dia dengan mengundang narasumber dari luar supaya mahasiswa itu punya wawasan yang lebih luas lagi tentang bagaimana pembelajaran di Malaysia.

Baca juga: Universitas Pancasila tuan rumah penyelenggaraan The 4th World Science, Environment and Engineering Competition 2024.

Pembelajaran di Indonesia memang ada sistem Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), namun sistem pembelajaran di luar sana itu mereka sudah berlari sangat cepat.

Dikatakannya banyak hal yang bisa kerja samakan terutama kalau mahasiswa psikologi ini diajak bagaimana memperkuat karakter keluarga tenaga kerja Indonesia yang ada di Malaysia, jadi karakter building nya mereka, kepercayaan diri mereka kesempatan untuk berkembang.

Semua orang punya kesempatan untuk berkembang walaupun dalam lingkup yang sempit mereka itu berada di satu negara untuk mendapatkan penghasilan sebagai tenaga kerja Indonesia disana.

Baca juga: Rektor UP: Pembelajaran Pancasila harus disesuaikan dengan zaman sekarang

Namun keluarganya juga harus mendapatkan pendidikan karakter yang layak, semangat untuk berkembang menjadi lebih baik.

Dekan Fakultas Psikologi Universitas Pancasila Prof. Dr. Awaluddin Tjalla, M.Pd.,mengatakan kuliah umum ini agar para mahasiswa dapat mengetahui bagaimana perkembangan dunia pendidikan di luar terutama di Malaysia.

"Ini bisa menjadi motivasi mereka agar bisa belajar di luar negeri dengan program pertukaran mahasiswa," katanya.

Selain itu juga bisa dikembangkan dengan mengadakan riset bersama yang berhubungan dengan ilmu psikologi.

"Kami akan sinkronkan riset-riset di UP dan University of Malaya," ujarnya.

Baca juga: Prof Marsudi dilantik sebagai rektor Universitas Pancasila periode 2024-2028

Kuliah Umum Semester Genap TA 2023/2024 dihadiri  Dra. Diennaryati Tjokrosuprihatono, M.Psi., Psikolog, selaku Wakil Rektor IV Universitas Pancasila, serta civitas akademika Fakultas Psikologi Universitas Pancasila, dan pejabat tinggi di lingkungan Universitas Pancasila.

Kegiatan Kuliah Umum merupakan agenda tahunan dari Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Kuliah Umum Psikologi UP juga turut dihadiri oleh lebih dari 300 peserta yang terdiri atas mahasiswa aktif Fakultas Psikologi Universitas Pancasila yang hadir secara langsung di Aula Fakultas Psikologi Universitas Pancasila.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024