Sukabumi (Antara Megapolitan) - Polres Sukabumi Kota, Jabar, meraih kehormatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI. Penghargaan kehormatan itu terkait dengan inovasi aplikasi tombol Briliant Inovatif, Speed dan Akuntable (BISA).

"Di Indonesia hanya dua polres saja yakni Polres Brebes dan Polres Sukabumi Kota yang mendapatkan kehormatan dari Kemenpan RB dalam kompetensi inovasi pelayanan publik 2017," kata Kapolres Sukabumi Kota AKBP Rustam Mansur di Sukabumi, Senin.

Menurutnya, Kemenpan RB juga merilis top 99 kompetisi inovasi pelayanan publik 2017 seperti 20 kementerian, tiga lembaga kementerian, 21 provinsi, 34 kabupaten, 15 kota dan masing dua BUMN serta BUMD.

Bahkan aplikasi BISA yang diluncurkannya masuk dalam 40 bersa se-Indonesia dalam kompetensi ini. Selain itu, Rustampun dapat surat langsung dari Kemenpan RB untuk mengikuti tahapan seleksi selanjutnya di DKI Jakarta.

Diharapkan, tombol BISA ini bisa menjadi yang terbaik di Indonesia dalam rangka pemberian pelayanan kepada publik karena fungsinya sangat vital dalam memberikan bantuan kepada masyarakat.

"Ini suatu kehormatan bagi kami, apalagi hanya dua saja polres yang dipilih Kemenpan RB dalam kompetensi inovasi pelayanan publik 2017," tambahnya.

Di sisi lain, pembuatan aplikasi tombol BISA dikarenakan wilayah hukumnya memiliki banyak objek vital seperti bank, pusat perbelanjaan dan lain-lain. Sehingga untuk mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan dari kepolisian maka diciptikan aplikasi ini.

Rustam mengatakan dengan tombol BISA ini sudah banyak penyelamatan yang dilakukan pihaknya seperti salah satunya penanganan cepat terjadinyanya kebakaran gudang milik pabrik pembuat sepetu untuk ekspor.

Selain itu, siapapun yang memanfaatkan tombol ini akan cepat mendapatkan pelayanan seperti jika menjadi korban kriminalitas, kecelakaan dan jasa lainnya yang membutuhkan tenaga polisi.

"Kami juga mengimbau kepada warga agar memanfaatkan tombol BISA ini dengan cara mengunduhnya di android sehingga jika terjadi sesuatu bisa langsung menghubungi kami melalui aplikasi tersebut," katanya. 

Pewarta: Aditya A Rohman

Editor : M.Ali Khumaini


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017