Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin mengapresiasi penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 di Kabupaten Bekasi yang dinilainya sukses menjadi tuan rumah.

Menurut dia penyelenggaraan MTQ Jabar di Kabupaten Bekasi ini menjadi yang paling ramai dan terbaik. Dia berharap kemeriahan ini terus dijaga hingga penutupan nanti.

"Ini penyelenggaraan terbaik, teramai, banyak sekali pesertanya. Tentunya tidak hanya pembukaan tapi nanti hingga penutupan ramai dan bermanfaat bagi masyarakat, karena kita berharap persatuan dan kesatuan tetap terjaga sehingga penyelenggaraan ini akan berjalan dengan baik," katanya saat membuka MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 di Cikarang, Minggu malam.

Ia mengatakan pembeda pelaksanaan MTQ Jawa Barat tahun ini terletak pada dorongan program promosi wisata industri sebagai salah satu potensi terbesar di Kabupaten Bekasi.

Baca juga: 5.000 peserta MTQ ke-38 Jawa Barat meriahkan pawai taaruf

Dirinya berharap sinergi penyelenggaraan MTQ dapat membantu meningkatkan perekonomian Kabupaten Bekasi. "Kita tahu di sini kota industri dan sudah berjalan dengan baik sehingga MTQ juga akan berjalan dengan baik, bermanfaat bagi masyarakat," ucap dia.

Di luar meriahnya penyelenggaraan, Bey juga mengingatkan keutamaan dari ajang perlombaan keagamaan MTQ ini, yakni bagaimana masyarakat dapat hidup dengan sikap yang Islami.

"Paling penting dengan penyelenggaraan ini bagaimana menanamkan sikap Islami dalam kehidupan bersama. Ini juga sudah tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Seperti tadi pagi saya ke Garut melihat dampak bencana, meski dalam bencana tapi warganya tetap bahu membahu saling menolong," katanya.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan MTQ ke-38 Jabar menjadi momentum berharga bagi Kabupaten Bekasi untuk memperkenalkan kepada dunia tentang kekayaan daerah, bukan sebatas wilayah potensi ekonomi dan industri, melainkan juga tempat yang memiliki kedalaman spiritual luar biasa.

Kehadiran para ulama, hafiz, dan pecinta Al Quran dari seluruh pelosok Jawa Barat untuk memperdalam nilai spiritual di Kabupaten Bekasi sekaligus menjadi ajang mempererat persaudaraan dalam iman dan keindahan dalam membaca dan memahami Al Quran.

Baca juga: Kafilah MTQ Jawa Barat 2024 mulai datang dan langsung registrasi ulang

"Kami berharap agar para peserta dapat merasakan kenyamanan dan kehangatan selama berada di Kabupaten Bekasi. Selain itu, kami juga berharap agar setiap peserta dapat mengambil manfaat yang besar dari setiap kegiatan yang diselenggarakan selama musabaqah ini berlangsung," katanya.

Kabupaten Bekasi memiliki kekayaan budaya dan keragaman yang patut dibanggakan. Para peserta dapat menikmati keindahan alam, kawasan perkotaan dan perindustrian yang unik, serta kearifan lokal di sekitar selama penyelenggaraan MTQ.

Selain mengenalkan kebudayaan setempat, Kabupaten Bekasi memberi ruang khusus untuk lebih mempromosikan wisata industri. Sebagai daerah dengan kawasan industri terbesar Asia Tenggara, Kabupaten Bekasi mengajak seluruh peserta untuk berwisata.

"Karena memang tidak banyak yang memiliki wisata industri sedangkan di Kabupaten Bekasi ini kawasan terbesar. Maka selama penyelenggaraan, kami memfasilitasi seluruh peserta untuk menikmati wisata industri gratis," kata dia.

Baca juga: Bupati Bekasi sebut MTQ ke-38 Jabar 2024 punya nilai strategis

Dani Ramdan menargetkan selain sukses dalam penyelenggaraan, pihaknya juga berharap agar kafilah Kabupaten Bekasi dapat mencetak sejarah dengan keluar sebagai Juara Umum MTQ ke-38 Jawa Barat 2024.

"Ada empat sukses yang kita kunci dalam MTQ ini yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses ekonomi, dan sukses administrasi. Jadi di hadapan kafilah yang menjadi kekuatan inti kita, mengajak untuk membawa Kabupaten Bekasi juara umum MTQ untuk pertama kali," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024