Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono menyebutkan laju pertumbuhan ekonomi di Kota Depok, Jawa Barat semakin membaik, saat ini angkanya di atas 5 persen.

"Alhamdulillah sejak saya dan Wali Kota Mohammad Idris memimpin laju ekonomi  sudah semakin tumbuh berkembang," kata Imam Budi Hartono, di Gedung DPRD Depok, Jumat.

Imam Budi Hartono menyebutkan pertumbuhan ekonomi Kota Depok kini sudah di atas 5 persen, sehingga pertumbuhan ekonomi Depok mulai normal atau balik lagi sebelum terjadinya pandemi COVID-19.

Baca juga: Pemkot Depok nilai otonomi daerah bawa perubahan peningkatan ekonomi

"Sekarang sudah rebound lagi, sekarang sudah di atas 5 persen. Balik lagi ke awal sebelum terjadinya COVID-19. Mudah-mudahan terus berkembang," ujar Imam Budi Hartono.

Dia menyatakan laju ekonomi di Kota Depok berkembang sebagai dampak masyarakat yang terus berusaha melalui kegiatan ekonomi di bidang usaha kecil menengah (UKM).

Saat Idris-Imam terpilih sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok membuat program wirausaha usaha baru atau WUB, yaitu 5.000 pengusaha baru dan 1.000 perempuan pengusaha.

"Sekarang sudah tahun ketiga dan sudah ribuan warga Depok ikut program tersebut. Kami masih menunggu para warga Kota Depok yang ingin ikut pelatihan wirausaha baru ini," ujarnya pula.

Baca juga: Indeks pembangunan statistik Depok raih predikat baik pada 2023

Imam Budi Hartono menambahkan, Pemkot Depok juga akan memperhatikan kepada warga perempuan kepala keluarga yang memiliki usaha, berupa jaminan keselamatan kerja melalui BPJS Ketenagakerjaan di tahun 2025.

Ia menegaskan perempuan kepala keluarga memiliki kerentanan yang menjadi wirausaha.

"Di tahun 2025 karena kerentanan mereka di bidang wirausaha ini, bagi perempuan kepala rumah tangga perlu jaminan kesejahteraan dan jaminan ketenagakerjaan. Maka kami akan anggarkan kepesertaannya dalam BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya lagi.

Baca juga: DKP3 Depok tingkatkan ekonomi warga lewat budi daya satwa harapan

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok Mohamad Thamrin mengatakan keberadaan UMKM sangat menopang perekonomian warga Kota Depok, apalagi saat pandemi COVID-19 yang membuat perekonomian turun drastis.

"Keberadaan UMKM Depok mampu bertahan di tengah gempuran fenomena tersebut," kata Mohamad Thamrin.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024