Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo bersama pejabat utama Polres Sukabumi Kota memantau langsung kondisi keamanan di sekitar objek wisata yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat pada Sabtu.

"Alhamdulillah, sepanjang pemantauan kita di tempat wisata, baik di Santa Sea di Jalan Lio Santa, Kelurahan Gedongpanjang, Kecamatan Citamiang dan pemandian air panas di Kelurahan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi serta objek wisata alam Kadudampit dan Goalpara, Kabupaten Sukabumi kamtibmas tetap terjaga," kata di Sukabumi, Sabtu.

Menurut Ari, dari pantauan di lokasi dan informasi yang diterimanya wisatawan dari beberapa daerah seperti Jabodetabek yang mengarah ke Sukabumi pada momen libur Idul Fitri 1445 H terus meningkat.

Baca juga: Kapolres Sukabumi Kota berangkatkan puluhan pemudik lewat program mudik gratis

Namun demikian khususnya untuk di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota kondisi arus lalu lintas masih normal atau tidak ada hambatan dan kondisi kamtibmas pun kondusif.

Selama melakukan pemantauan, pihaknya juga memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat atau wisatawan untuk menjaga keselamatan jiwa maupun barangnya masing-masing agar tidak menjadi korban suatu tindak pidana, baik itu copet dan lain sebagainya.

"Kami sudah menyiapkan pos pemantauan khusus serta meningkatkan jumlah personel pengamanan untuk menjaga kondusivitas di kawasan objek wisata salah satunya di Danau Situgunung, Kecamatan Kadudampit," tambahnya.

Baca juga: Kapolres sebut seluruh angkutan Lebaran wajib lolos uji layak operasi

Ari mengatakan pihaknya sengaja membuat pos tersebut karena tidak ingin terjadi kejadian serupa seperti pada 2022 lalu yakni kecelakaan di sekitar lokasi objek wisata tersebut.

Pos pemantauan ini diisi oleh petugas gabungan dari Polres Sukabumi Kota, Kecamatan Kadudampit dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi yang dilengkapi dengan berbagai peralatan keselamatan, seperti pelampung maupun perahu. Apabila suatu saat dibutuhkan pertolongan, maka akan terlaksana dengan cepat dan efisien.

Selain itu, ia pun tidak henti-hentinya mengajak kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan kondusivitas kamtibmas selama masa libur lebaran ini.

Jika warga mengetahui atau melihat suatu gangguan kamtibmas dapat melaporkannya kepada pihak kepolisian terdekat atau melalui call center di 110 dan Lapor Pak Polisi SIAP MAS di 0811654110.
 

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024