Jakarta (Antara Megapolitan) - Direktur Promosi Pariwisata Luar Negeri Kementerian Pariwisata Nia Niscaya menyatakan dukungannya terhadap pengembangan tempat-tempat wisata yang mempunyai keunikan tertentu untuk menarik minat wisatawan berkunjung.

"Bagus kalau mempunyai keunikan tentunya kami memberi dukungan penuh untuk turut mempromosikan," katanya ketika menghadiri malam syukuran pemberian Awards Portico Batam Lifestyle Resort, di Jakarta, Rabu.

Portico Batam Lifestyle Resort merupakan karya dari PT Batam Bumimas Jaya yang memenangkan dua kategori tempat pariwisata yaitu Best Green Concept dan Best Innovation Concept dari TravelXpose Awards 2017.

Nia mengatakan untuk membuka kawasan wisata yang tetap menjaga keasrian lingkungan dan menjual keunikan yang tidak dimiliki tempat lain bukan hal mudah dan dibutuhkan kerja keras dalam mewujudkannya.

"Apalagi Batam yang merupakan salah satu pintu gerbang wisatawan mancanegara Indonesia, tentunya menjadi daya tarik tersendiri," katanya.

Apalagi, kata dia, tempat yang menjadi wisata juga dimeriahkan oleh berbagai kebudayaan daerah nusantara tentu akan mempunyai nilai tambah tersendiri, karena wisata budaya yang paling diminati oleh wisatawan asing selain keindahan alam.

Sementara itu General Manager Portico Batam, Yudhianto Sastrowilogo mengatakan pembangunan Portico Batam Lifestyle Resort tetap mempertahankan ekosistem yang ada sehingga keasrian lingkungan tetap terjaga.

"Flora dan fauna yang ada di sekitar Portico Batam tetap terjaga," jelasnya.

Yudhi juga menegaskan pembangunan tersebut tidak dilakukan dengan cara reklamasi dan tidak merusak tanaman mangrove yang ada, bahkan memperbesar populasinya.

"Kami juga melakukan upaya penataan badan pesisir laut dari resiko abrasi serta melakukan penanaman terumbu karang secara terintegrasi diareal pengembangannya," katanya.

Nantinya, kata Yudhi, di areal tersebut juga akan disediakan tempat belanja yang menyediakan barang-barang `branded` ternama dari luar negeri, sehingga orang tidak perlu lagi ke Singapura," jelasnya.

Selain itu tentunya pihaknya menyediakan produk-produk unggulan dari berbagai daerah di Tanah Air untuk mememuhi keinginan para wisatawan untuk berbalanja.

Managing Director TravelXpose, Soelistiyono menilai Portico Batam memberikan kontribusi yang luar biasa bagi pariwisata di Indonesia dengan memberikan keunikan dengan tetap mempertahabkan ekosistem yang ada.

"Kami memberikan penilaiannya sejak Desember 2016 hingga Februari 2017, dan menetapkan Portico Batam sebagai penerima dua Awards yaitu Best Green Concept dan Best Innovation Concept," katanya.

Dikatakannya, ajang awards itu dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada pihak-pihak yang berpartisipasi sagat serius dalam dunia parisiwata dan terkait dengan kontribusi pengembangan potensi pariwisata di Indonesia.***1***

(T.F006/B/A039/A039) 13-04-2017 10:36:57

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017