Kepolisian Resor Metropolitan Bekasi melakukan penutupan putaran balik di sepanjang jalur pantai utara atau Pantura bersama Dinas Perhubungan setempat demi kelancaran pengguna jalan khususnya pemudik Lebaran 2024.

Kapolres Metro Bekasi Komisaris Besar Twedi Aditya Bennyahdi mengatakan terdapat 30 putaran balik di sepanjang jalur tersebut yang ditutup selama periode arus mudik hingga balik Lebaran 2024.

"Sepanjang Jalur Pantura mulai perbatasan Kota Bekasi hingga Karawang ada sekitar 30 putaran balik yang ditutup," katanya di Cikarang, Sabtu.

Baca juga: Puluhan putaran balik jalan arteri Karawang ditutup selama arus mudik Lebaran
Baca juga: Antisipasi puncak arus balik gelombang kedua Pospam Simpang Jomin tutupsejumlah putaran balik

Twedi menjelaskan tujuan penutupan putar balik itu untuk mengurangi pengendara yang menyeberang maupun antrean kendaraan yang menyebabkan arus kendaraan tersendat.

"Bertahap proses penutupannya sampai terakhir hari ini semua u-turn ditutup. Hanya enam saja yang masih tetap kami buka," katanya.

Kasatlantas Polres Metro Bekasi Komisaris Nopta Histaris Souzan mengatakan penutupan putaran balik dilakukan guna memperlancar jalur para pemudik.

"Tujuan penutupan U-turn untuk memperlancar pemudik yang akan melintasi sepanjang jalan pantura Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Polres Karawang pasang CCTV dan tutup putaran balik dalam pengamanan mudik

Dari puluhan akses putaran balik tersebut, enam titik masing-masing di depan PT Hithaci Cikarang Barat, PT Gobel Jalan Raya Teuku Umar, Taman Kota Citarik, Taman Kota Kali Ulu dan Kalu Ulip Cikarang Utara, serta Taman Kota Mareleng Kedungwaringin masih tetap dibuka.

"Poinnya seluruh putaran jalan yang tidak resmi akan kami lakukan penutupan semua, dengan tujuan agar para pemudik dengan lancar berkendara tanpa ada hambatan," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024