Polres Kabupaten Karawang melakukan pengecekan bus angkutan lebaran beserta sopirnya di perusahaan otobus yang ada di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat.

"Pengecekan kondisi bus dan sopirnya digelar sebagai bentuk persiapan menjelang musim mudik Lebaran/Idul Fitri," kata Kasatlantas Polres Karawang AKP Lucky Martono, di Karawang, Rabu.

Ia menyampaikan bahwa menjelang musim mudik lebaran pihaknya bersama Dinas Perhubungan Karawang melakukan pengecekan bus-bus angkutan lebaran yang ada di Karawang.

"Pemeriksaan bus meliputi pemeriksaan kaca, lampu, rem kemudi, klakson, hingga roda. Kemudian untuk sopirnya dilakukan tes kesehatan dan urine," katanya.

Lucky mengatakan sejauh ini hasil pemeriksaan terhadap angkutan bus dalam keadaan baik. Pihaknya belum menemukan bus yang tidak laik jalan.

"Bus dalam kondisi baik langsung ditempel stiker bertuliskan 'Laik Jalan Angkutan Lebaran 2024'," katanya.

Kasatlantas menyampaikan agar para sopir bus dan pengelola angkutan supaya melengkapi administrasi dan mengecek secara berkala kelaikan kendaraan.

"Apalagi sekarang ini menghadapi arus mudik lebaran, keselamatan para pemudik yang menggunakan bus harus menjadi prioritas utama," kata dia.

Kegiatan pengecekan bus dan sopirnya itu dilakukan untuk menjaga keselamatan para pemudik yang menggunakan alat transportasi darat bus.

Hal tersebut juga dilakukan untuk memastikan bahwa bus yang dicek itu layak jalan, dan sopirnya dalam kondisi prima dan memenuhi syarat dalam mengemudikan bus.

Kasatlantas menyebutkan bahwa sejauh ini hasil pemeriksaan terhadap angkutan bus dalam kondisi baik dan laik jalan.

Ia mengimbau, agar para sopir bus angkutan lebaran memperhatikan keselamatan penumpang serta tidak membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi. 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024