Bupati Karawang Aep Syaepuloh memastikan harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran sekitar Kabupaten Karawang, Jawa Barat, stabil menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Hari ini saya bersama Forkopimda Karawang melakukan sidak (inspeksi mendadak) untuk melihat harga-harga bahan pokok yang ada di pasar tradisional," kata bupati, di Karawang, Kamis.

Sesuai dengan hasil sidak, katanya, dapat dipastikan bahwa harga bahan pokok di pasaran, dua minggu menjelang Hari Raya Idul Fitri masih relatif stabil.

Begitu juga dengan pasokan cukup aman dan tidak ditemukan adanya potensi kekurangan pasokan.

"Tentunya kalau melihat harga beberapa komoditas seperti gula pasir dan gula merah relatif standar. Selain itu untuk beras alhamdulillah kita udah mulai turun di angka Rp14.500 per kilogram. Bahkan ada yang Rp14 ribu," katanya.

Kenaikan harga hanya terjadi pada daging ayam. Itupun tidak signifikan kenaikannya.

Meski begitu, bupati berharap agar tim Satgas Pangan Karawang terus memantau kondisi pasokan serta harga sejumlah kebutuhan pokok di pasaran.

"Menjelang hari raya, pasokan dan harga sembako harus terus dipantau," katanya.

Pemantauan harus terus dilakukan hingga waktu mendekati Hari Raya Idul Fitri.

"Jangan sampai harga kebutuhan pokok semakin naik seiring dengan makin dekatnya lebaran. Jadi harus diantisipasi dengan terus melakukan pemantauan ke pasar-pasar tradisional," kata dia.

Dengan adanya pemantauan secara rutin, kondisi pasokan dan harga kebutuhan pokok dapat diketahui secara dini jika terjadi kenaikan. Upaya Pemkab Karawang selanjutnya akan melakukan intervensi melalui operasi pasar murah. (KR-MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024