Purwakarta (Antara Megapolitan) - Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menyatakan siap memberikan honor Rp7,5 juta bagi kepala desa yang mampu melaksanakan program kesejahteraan hingga masyarakatnya tidak menerima beras sejahtera (rastra) atau raskin.

"Kalau program yang digulirkan itu berjalan baik, honor kepala desa jadi Rp7,5 juta dan honor Ketua RT menjadi Rp1 juta," katanya, di Purwakarta, Selasa.

Saat ini honor kepala desa di daerah tersebut mencapai Rp5 juta per bulan. Sedangkan honor Ketua RT mencapai Rp750 ribu per bulan.

Ia mengatakan, kenaikan honor tersebut bukan sekadar iming-iming. Kenaikan honor tersebut merupakan penghargaan bagi kades yang sungguh-sungguh melaksanakan program kesejahteraan.

Sementara itu, beberapa program kesejahteraan yang jika berhasil bisa menaikkan honor kades dan Ketua RT diantaranya optimalisasi program "beras perelek" (beras yang disediakan pemilik rumah dan disimpan di kaleng)di setiap desa.

Tujuan program itu dinilai strategis, karena jika seluruh warga mampu menyumbangkan "beras perelek" kepada warga tidak mampu, maka tahun depan masyarakat Purwakarta tidak akan lagi menerima program rastra atau raskin dari Bulog.

Selain itu program Keluarga Angkat, yakni bantuan dari keluarga mampu kepada keluarga yang tidak mampu. Untuk jenis bantuan yang diberikan menurutnya dapat berupa beras sebanyak 10 liter setiap bulan.

Melalui program itu, setiap kecamatan harus memiliki desa percontohan. Kalau setiap bulan dikawal pelaksanaannya di 40 desa, maka setelah tiga bulan seluruh desa dapat melaksanakan program tersebut.

"Teknisnya, bagi masyarakat seperti pegawai, TNI, POLRI atau masyarakat yang dinilai sudah mampu, bisa menyumbangkan beras sebanyak 10 liter untuk keluarga tidak mampu setiap bulan," kata Dedi.

Program kesejahteraan berikutnya ialah program pengembangan ekonomi masyarakat yang disebut "SAKU" atau Satu Keluarga Satu Usaha.

"SAKU" akan diberlakukan dalam bentuk bantuan modal usaha yang anggarannya dapat dicairkan melalui Bantuan Keuangan Desa.

"Itu bisa berbagai macam usaha, seperti warung kecil, pertanian, dan peternakan. Kita kontrol, berikan target pengembangan usaha, lalu kita berikan bantuan modal," kata dia.

Pewarta: M. Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017