Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat, membentuk tim terpadu dari berbagai perangkat daerah hingga Ketua RT/RW demi mewujudkan kebersihan di pusat kota atau wilayah Cibinong Raya.

Penjabat Bupati Bogor Asmawa Tosepu di Cibinong, Jumat, menjelaskan tim terpadu ini terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), camat, kepala desa, lurah, hingga ketua RT/RW.

"Tim terpadu ini memiliki peran yang sangat besar terutama dalam menjaga kebersihan lingkungan Kabupaten Bogor," ungkap Asmawa.

Ia menegaskan bahwa tim terpadu ini harus memastikan tidak ada sampah bertumpuk di ruas-ruas jalan yang ada di Kabupaten Bogor, terutama di pusat kota.

Baca juga: DLH Bogor akui kekurangan petugas kebersihan

Sementara, Kepala DLH Kabupaten Bogor Soebiantoro menjelaskan pembentukan tim terpadu sangat penting, terlebih di Kabupaten Bogor pengelolaan sampah belum dilakukan secara modern, karena pemilahannya masih dilakukan secara manual.

"Untuk itu ke depannya Pemkab Bogor akan berupaya melakukan pengolahan dengan teknologi sehingga sampah dapat dipilah sebelum masuk ke TPAS," ujar pria yang akrab disapa Bibin itu.

Dia memastikan bahwa tim terpadu akan maksimal dalam mengelola sampah dengan baik.

Baca juga: Pemkab Bogor Menggagas Gerakan Menekan Tumpukan Sampah

Camat Cibinong Acep Sajidin berharap dengan memaksimalkan upaya kolaborasi dari tim terpadu ini permasalahan kebersihan lingkungan di wilayahnya dapat terselesaikan.

"Seperti normalisasi saluran Sungai Kalibaru, dan penataan infrastrukturnya sehingga kebersihan lingkungan di wilayah Kecamatan Cibinong bisa dilakukan dengan baik," kata Acep.*

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024