PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya melakukan perawatan jalur KA secara intensif untuk menjamin keselamatan perjalanan pelanggan yang menggunakan moda transportasi kereta api saat momen Lebaran 2024.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif di Surabaya, Kamis, mengatakan perawatan dan pengecekan kondisi rel kereta api selalu dilakukan secara berkala untuk memastikan kondisinya laik operasi.

"Perawatan jalur rel kereta api tersebut dilakukan untuk menjaga kondisinya sesuai dengan standar pengoperasian jalan rel berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan," ucapnya.

Baca juga: Daop 8 Surabaya catat ada 95.522 orang gunakan kereta api saat libur panjang

Luqman menjelaskan, Daop 8 Surabaya memiliki panjang lintas sejauh 530.168 kilometer yang melintasi 11 kabupaten/kota di Jawa Timur dengan memiliki batas wilayah di utara hingga Stasiun Tobo, tengah Stasiun Mojokerto, dan selatan Stasiun Wlingi.

Selain itu, untuk memastikan jalur KA tersebut aman, pihaknya memiliki 23 Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jalan Rel dan Jembatan, yang terdiri dari 18 UPT Jalan Rel, empat UPT Jembatan, dan satu UPT Mekanik, yang keseluruhannya telah memiliki wilayah kerja masing-masing di Daop 8 Surabaya.

"Para petugas dari UPT Jalan Rel dan Jembatan tersebut, akan memastikan dan melakukan perawatan dengan melakukan penggantian maupun perbaikan pada bagian bantalan, rel kereta api, baut, sambungan, jembatan, lebar jalur, geometri jalan rel serta menempatkan kembali batu ballast," ujarnya.

 

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024