Bekasi (Antara Megapolitan) - Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi meminta pihak terkait untuk mulai mempersiapkan perubahan standar operasional prosedur pencairan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS) mulai 1 Januari 2018.

"Nanti dana BOS dari pemerintah pusat tidak lagi dikirimkan ke kepala sekolah, namun langsung ke siswa yang berhak atas dana tersebut," katanya di Bekasi, Rabu.

Menurut dia, pihaknya sudah mulai mempersiapkan sejumlah kebijakan guna mengakomodasi perubahan SOP tersebut dengan meminta Dinas Pendidikan dan perbankan setempat untuk menyiapkan kebijakan pendukung.

Salah satu kebijakan yang dimaksud adalah mempersiapkan kerja sama antara Dinas Pendidikan dengan Badan Usaha Milik Daerah Bank Syariah Patriot untuk penyediaan rekening bagi para penerima BOS.

"Siswa SD dan SMP di Kota Bekasi yang dapat dana BOS berikan saja melalui Bank Syariah Patriot bekerja sama dengan Dinas Pendidikan," katanya.

Dikatakan Rahmat, upaya tersebut diyakini bisa lebih efektif dalam penyaluran serta pengawasan bantuan pendidikan itu.

"Nanti biar siswanya yang melakukan penarikan langsung melalui bank," katanya.

Cara itu juga dipandang efektif mendorong kemajuan pelayanan BUMD di Kota Bekasi melalui penyediaan modal usaha.

"Harapan saya perubahan SOP dana BOS ini harus sudah siap sebelum diimplementasikan kebijakan baru itu pada 1 Januari 2018," katanya.

Pewarta: Andi Firdaus

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017