Peneliti dan Pengajar Tetap Vokasi Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati yang menjadi pengamat ahli independen Pilpres Rusia 2024 menyatakan pelaksanaan hari kedua Pemilu Presiden Rusia di dua kota Naberezhnye Chelny dan Almetyevsk berlangsung dengan antusiasme masyarakat yang tinggi.

"Pemilu yang berlangsung libur selama 3 hari ini (15-17 Maret 2024), menghadirkan beragam festival di tempat-tempat pemungutan suara seperti di sekolah. Terdapat bazar, perlombaan oleh anak-anak, hingga panggung yang diisi oleh anak-anak yang menyanyi dan berdansa," kata Devie Rahmawati dalam keterangannya yang dikirim dari Rusia waktu setempat atau di Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia, Minggu. 

Devie mengatakan ada TPS yang juga menawarkan pemeriksaan gratis. Ada juga masyarakat juga dimanjakan pemerintah dengan akses gratis ke berbagai tempat (museum, fasilitas olahraga, pertunjukan) hingga diskon pembelian bahan bakar.

"Di beberapa TPS sudah menggunakan mesin otomatis untuk melakukan scan surat suara, sehingga dapat diketahui dengan cepat jumlah kertas suara yang masuk," tambah Devie Rahmawati, tim komunikasi UNDP untuk Pilpres Langsung Pertama di tahun 2004.

Devie mengatakan Rusia juga membuka peluang siapapun, bukan hanya perwakilan partai politik untuk menjadi saksi pemilu dari mulai ukul 08.00 pagi hingga TPS di tutup pukul  20.00 waktu setempat. 

Pemerintah juga menyediakan Public Surveillance Center, dimana siapapun berkesempatan mengawasi jalannya pemilu di setiap TPS di kotanya, dimana terdapat lebih dari 43 ribu TPS di 89 wilayah di seluruh Rusia. 

Pemerintah juga mengundang para relawan untuk berada di situation center, posko penerima pengaduan, yang kemudian akan melakukan tindak lanjut berbagai aduan yang masuk dengan menyertakan para ahli evaluator laporan. 

"Komputer di Situation Center, akan memperlihatkan mana wilayah dengan warna merah, yang berarti ada aduan pelanggaran, sedangkan yang hijau artinya berjalan lancar,” seru Devie, Communication Advisor Folks Studio

"Ada total kurang lebih 500 pengamat ahli independen dari 50 negara yang mengawasi jalannya pemilu presiden ini. Saya bertugas bersama ahli dari Bangladesh, Guatemala, Republik Dominika, Spanyol dan Tanzania," demikian Devie Rahmawati

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024