Wakil Wali Kota Depok, Jawa Barat, Imam Budi Hartono menyatakan bulan suci Ramadhan mampu membentuk karakter masing-masing individu yang Pancasilais.

"Kita ketahui, dalam Islam, banyak hal yang bisa membentuk kepribadian kita, salah satunya menjadi pribadi yang Pancasilais. Jangan sampai ada sebuah pandangan, antara agama dan Pancasila adalah sesuatu yang berbeda," kata Imam Budi Hartono di Depok, Jumat.

Imam menjelaskan pendiri bangsa membuat Pancasila karena mereka paham terhadap agama. Dengan begitu, pendidikan karakter yang Pancasilais patut diterapkan, utamanya saat bulan Ramadhan.

"Ramadhan bulan penuh berkah, bulan penuh ampunan. Kami meminta seluruh siswa untuk sungguh-sungguh mengikuti pesantren kilat ini agar dapat berkahnya," kata Imam.

Baca juga: Pemkot Depok lakukan sejumlah program kendalikan laju inflasi saat Ramadhan
Baca juga: Disdik Depok keluarkan SE belajar selama bulan Ramadhan

Menurut dia, Ramadhan adalah momentum untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT. Mudah-mudahan pesantren kilat 1445 Hijriah ini dapat berjalan dengan baik dan menjadikan siswa siswi kita menjadi pribadi yang lebih baik.

Imam mengatakan bahwa dalam bulan Ramadhan ini ada banyak keutamaan yang bisa diraih, sehingga sayang kalau dilewatkan begitu saja. Apalagi, puasa adalah perintah dari Allah SWT dan merupakan salah satu dari rukun Islam.

"Jadi kita yang masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT merasakan bulan puasa ini harus bisa memaksimalkan ibadah karena ini bulan yang paling utama di antara bulan-bulan lainnya yang di dalamnya ada banyak kebaikan," katanya.

Baca juga: Pemkot Depok jaga keterjangkuan harga bahan pokok jelang Ramadhan

Menurut dia, dalam menjalankan ibadah puasa harus dilakukan dengan niat yang kuat karena Allah SWT.

"Puasa kita tergantung dari niat kita, bahwa puasa kita bukan karena ingin dilihat oleh teman-teman," ujarnya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024