Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mengkolaborasikan kegiatan safari Ramadhan dan tarawih keliling (tarling) dengan kegiatan pasar murah.

"Kegiatan tarling ini sudah biasa dilaksanakan setiap tahun bulan suci Ramadhan. Pada tahun ini, ada 10 titik tarling," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh, di Karawang, Kamis.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan tarling pada bulan suci Ramadhan tahun ini dikolaborasikan dengan kegiatan pasar murah atau Gerakan Pangan Murah.

Di antara tujuannya kalah untuk membantu masyarakat mendapatkan kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau. Selain itu juga untuk menjaga stabilitas harga pangan di pasaran agar tidak terlalu tinggi.

Selain itu, dalam kegiatan pasar murah ada juga disediakan stan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menjajakan aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

"Alhamdulillah saya melihat warga sangat antusias membeli beras di kegiatan pasar murah. Itu tandanya program ini sangat diterima masyarakat. Semoga bisa menaikkan daya beli," katanya.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Karawang, Rohmana mengatakan, pihaknya telah menjadwalkan kegiatan tarawih keliling ke beberapa masjid selama bulan suci Ramadhan.

Kegiatan taring ini tidak hanya dihadiri oleh Bupati Karawang Aep Syaepuloh, tapi juga diikuti oleh jajaran Forkopimda Karawang, organisasi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Karawang serta dihadiri para camat dan perangkat desa.

Ia mengaku telah mengeluarkan jadwal tarling selama bulan suci Ramadhan.

Setiap kecamatan, kata Rohmana, ada satu masjid yang menjadi lokasi agenda kegiatan tarling.

"Jadwal tarling dipadukan dengan pelaksanaan pasar Ramadhan. Bahkan ada kegiatan pasar murah serta stan UMKM yang menjual takjil dan lainnya,” kata dia. (KR-MAK)

 

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Feru Lantara


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024