Pangkalan Utama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (Lantamal) XIV Sorong wilayah Sorong Selatan (Sorsel) melakukan penanaman 250 bibit pohon dalam rangka menyukseskan program staf potensi maritim (Spotmar) yang berlangsung di Kampung Tapiri Distrik Teminabuan Sorsel Papua Barat Daya.

Komandan Pos (Danpos) TNI AL Sorong Selatan, Letda Laut Hari Wibowo di Teminabuan Senin mengatakan, pohon yang ditanam itu antara lain 100 bibit pohon pinang, 50 bibit pohon mangga, 50 bibit pohon rambutan, dan 25 bibit pucuk merah.

Ia menjelaskan, kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan bentuk soliditas TNI/Polri bersama pemerintah daerah (Pemkab) Sorsel dalam melestarikan alam, reboisasi, serta kepedulian sebagai aparatur negara di tengah masyarakat.

Baca juga: Peduli lingkungan, WIKA tanam pohon langka endemik di Wikasatrian
Baca juga: BRIN apresiasi WIKA tanam dan rawat pohon langka endemik di area hutan Wikasatrian Bogor
Baca juga: Pemkab Jayapura ajak warga tanam pohon di sepanjang aliran kali jaga ketersediaan air

"Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan produk pangan berbasis sumber daya lokal, dengan harapan kedepannya bisa meningkatkan diversifikasi pangan dan menambah pendapatan rumah tangga yang bersumber dari olahan buah yang dihasilkan," kata Hari Wibowo,

Keberadaan Pos angkatan laut, katanya, juga sebagai pembinaan kepada putra putri yang berminat untuk menjadi anggota TNI AL, baik pembinaan fisik maupun kegiatan pembinaan lainnya.

Keberadaan Pos AL diharapkan bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar, dalam artian dengan adanya penanaman pohon buah ini sebagai bentuk kepedulian TNI AL terhadap tanah Papua.

"Semoga sumbangsih kami dapat bermanfaat kedepannya, dan menambah perekonomian bagi masyarakat Kampung Tapiri," katanya.

Pewarta: Paulus Pulo

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024