Tidak bisa dipungkiri bahwa kemajuan suatu usaha industri sangat bergantung pada kesejahteraan para pekerjanya. Karena itulah setiap uapaya menyejahterakan pekerja termasuk di luar urusan pengupahan perlu didorong.

Dalam Pelatihan pimpinan Federasi Serikat Pekerja yang tergabung dalam DPD KSPSI Jawa Tengah yang diselenggarakan di Bandungan, Kabupaten Semarang, pentingnya kesejahteraan pekerja di luar upah diungkapkan oleh Kadisnaker Provinsi Jawa Tengah Ahmad Aziz pada Jumat, (01/3/2024)

"Saya menghargai adanya kawasan industri yang sudah menyediakan tempat tinggal untuk para pekerjanya. Bahkan sedang dikembangkan pula ada semacam Day Care untuk para pekerja yang memiliki bayi atau anak kecil," kata Ahmad Aziz

Menurut Ahmad Aziz, bagian pengeluaran uang terbesar para pekerja adalah untuk transportasi dan tempat tinggal.

Merujuk pada pernyataan Ahmad Aziz itu saat ini telah dibangun KITB (Kawasan Industri Terpadu Batang) yang juga menyediakan fasilitas tempat tinggal bagi para pekerjanya.

Menurut Ahmad Aziz, pasca Reformasi ini terjadi kompetisi antar serikat buruh. Itu adalah hal yang baik, namun tetap harus mengutamakan dialog sosial sehingga bisa menghindari demonstrasi.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Umum DPP KSPSI Jumhur Hidayat mengatakan para pimpinan buruh di berbagai jenjang tetaplah harus berkhidmat kepada kepentingan anggota. Berkhidmat pada anggota itu dilakukan baik dalam dialog maupun dalam kegiatan lainnya termasuk demonstrasi.

Adapun Ketua DPD KSPSI Jawa Tengah Edi Riyanto mengatakan bahwa pelatihan ini penting dilakukan dalam rangka konsolidasi KSPSI di Jawa Tengah yang dimulai dengan konsolidasi pada tingkat Federasi Serikat Pekerja Anggota.

"Ke depan DPD KSPSI akan melakukan konsolidasi pada tingkat DPC se Jawa Tengah," kata Edi.*

Pewarta: Rilis

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024