Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mensosialisasikan Replikasi Portal Data Kabupaten Bogor tahun 2024.

Kepala Bidang Persandian dan Statistik Diskominfo Kabupaten Bogor Iskandar Zulkarnain saat sosialisasi di Cibinong, Bogor, Kamis, mengungkapkan bahwa sosialisasi Replikasi Portal Data tahun 2024 mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia.

“Ini dilaksanakan dalam rangkaian optimalisasi penyajian data dan informasi statistik daerah di Kabupaten Bogor sebagai aplikasi pendukung dalam mewujudkan Satu Data Indonesia,” ungkap Iskandar.

Ia menyebutkan langkah-langkah strategis telah dilakukan untuk mewujudkan penyajian data statistik sektoral yang didukung oleh data dan teknologi, sehingga mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik dan pengambilan kebijakan.

Baca juga: Diskominfo Bogor tingkatkan kompetensi SDM bidang teknologi informasi
Baca juga: Ini penjelasan Diskominfo Bogor penyebab masih ada wilayah "blank spot"
Baca juga: Diskominfo Bogor raih penghargaan Anindhita Wistara Data

“Kepada perangkat daerah dan kecamatan agar membantu memberikan informasi data demi meningkatkan kualitas data di masa yang akan datang. Sehingga harus dilakukan secara kolaborasi antara wali data dengan masing-masing perangkat daerah dan kecamatan secara optimal,” ujarnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan keterampilan dan kemampuan mengoperasikan aplikasi Replikasi Portal Data, agar data memenuhi kebutuhan dan akses informasi yang diperlukan oleh masyarakat serta dipublikasikan secara akurat dan akuntabel.

Sosialisasi Replikasi Portal Data Kabupaten Bogor Tahun 2024 menghadirkan narasumber Project Officer Ekosistem Data Jabar Digital Service Rohmat Hidayat, dan Data Governance Manager Jabar Digital Service Putry Yuliyanty Wahyuni. Acara dihadiri perwakilan perangkat daerah se-Kabupaten Bogor.
 

Pewarta: M Fikri Setiawan

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024