Kementerian Pertanian mendorong Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, meningkatkan produktivitas dan kualitas buah manggis lokal agar ke depan bisa lebih banyak yang dieskpor.

Ketua Kelompok Tanaman Buah Tahunan Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian Farida Nuraini, di Purwakarta, Kamis, mengatakan bahwa ekspor manggis lokal Purwakarta baru di angka 10 persen dari jumlah produksinya.

"Angka manggis Purwakarta yang diekspor itu masih kecil," katanya.

Ia berharap angka ekspor manggis lokal Purwakarta bisa naik tiga kali lipat, atau sekitar 30 persen dari jumlah produksi manggis di Purwakarta.

"Kita menginginkan bisa naik tiga kali lipat, dari yang 10 persen naik menjadi 30 persen," katanya.

Baca juga: Pelepasan ekspor manggis varietas Wanayasa warnai Festival Manggis Purwakarta 2023

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata dia, harus dilakukan secara bersama-sama, mulai dari petani yang menyiapkan kebun dan memeliharanya agar nanti produk yang dihasilkan benar-benar memenuhi kualitas ekspor.

Disebutkan bahwa Kementerian Pertanian telah memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan produksi manggis.

Dukungan tersebut di antaranya pada 2020-2023, Kementerian Pertanian mengucurkan anggaran dari APBN untuk membantu perluasan area tanaman seluas 245 hektare, dan 120 hektare diantaranya untuk lahan tanaman manggis.

"Pada tahun ini kita fokus untuk intensifikasi, artinya memperbaiki pengelolaan kebun. Sehingga bisa menghasilkan buah yang bagus dengan memberikan pupuk-pupuk yang menginisiasi pembuahan," katanya.

Baca juga: Manggis Wanayasa Kabupaten Purwakarta diklaim salah satu varian terbaik

Sementara itu, pada Kamis ini, Pemkab Purwakarta mengekspor 600 ton buah manggis lokal atau manggis varietas wanayasa ke negara China.

Diharapkan ke depannya manggis lokal Purwakarta bisa diekspor ke negara-negara lain termasuk Australia.

Penjabat Bupati Purwakarta Benni Irwan, menyampaikan ada beberapa kecamatan di Purwakarta yang menghasilkan manggis, di antaranya Kecamatan Kiarapedas, Bojong, Tegalwaru, Pondoksalam dan Kecamatan Wanayasa.

Totalnya produksi manggis di Purwakarta jika dibanding 2022 dengan 2023 cukup bagus. Pada tahun 2022 produksinya mencapai 3-4 ribu ton. Kemudian pada 2023 produksi manggis di Purwakarta menembus angka 34.159 ton.

Baca juga: Kementan dorong buah manggis asli Purwakarta bisa diekspor ke Rusia

"Ini produksi yang sangat luar biasa," katanya.

Benni berharap produksi manggis di Purwakarta semakin meningkat jumlahnya dan semakin meningkat juga kualitasnya.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024