Polres Kabupaten Karawang mulai mempersiapkan kesiapan personelnya untuk pengamanan musim mudik lebaran tahun ini melalui Operasi Keselamatan Lodaya 2024.

"Dalam operasi ini, para personel yang dilibatkan akan bertindak dengan mengedepankan tindakan simpatik, persuasif, dan humanis terhadap pengguna jalan," kata Wakapolres Karawang, Kompol Prasetyo Purbo Nurcahyo, di Karawang, Selasa.

Ia menyampaikan bahwa di antara tujuan Operasi Keselamatan Lodaya tahun ini ialah untuk meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Baca juga: Polres Karawang turunkan tim penyapu ranjau paku di sepanjang jalan arteri
Baca juga: Pastikan keamanan jalur mudik, Polres Karawang cek jalur Tol Japek II Selatan

Selain itu, juga sebagai upaya menurunkan angka fatalitas korban laka lantas, penurunan angka pelanggaran lalu lintas.

"Pastinya sasaran operasi ini mencakup segala bentuk potensi gangguan nyata, ambang gangguan, dan gangguan nyata yang berpotensi menyebabkan kemacetan, pelanggaran, dan laka lantas," kata dia.

Menurut dia, Operasi Keselamatan Lodaya 2024 menjadi langkah konkret sebagai upaya jajaran Polres Karawang dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, khususnya dalam menghadapi situasi pada musim mudik menjelang perayaan Idul Fitri.

Baca juga: Polres Karawang pasang CCTV dan tutup putaran balik dalam pengamanan mudik

"Kami berharap, melalui sinergi dan kerja sama yang baik, operasi keselamatan kali ini dapat memberikan dampak positif dalam menciptakan lingkungan yang aman serta kondusif," kata dia.

Operasi Keselamatan Lodaya 2024 ini ribuan personel gabungan yang terdiri atas Polri, TNI, Dinas Perhubungan serta Satuan Polisi Pamong Praja Karawang.

Setidaknya, kata dia, ada 2.600 personel yang dilibatkan, terdiri atas 532 Satgas Polda Jabar serta 2.068 personel Polres Karawang ini berlangsung pada 4-17 Maret 2024.

Pewarta: M.Ali Khumaini

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024