Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menggelar orientasi kepemimpinan pengurus sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pemimpin di organisasi tersebut.

Kegiatan orientasi bertemakan 'Melalui orientasi kepemimpinan, kita wujudkan Himpaudi menjadi organisasi profesional, bermartabat, berintegrasi, dan berkarakter' itu dibuka secara resmi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bekasi Ria Sabaria Dani Ramdan.

"Pemimpin memiliki peran penting dalam ranah organisasi karena berdampak signifikan terhadap kinerja dan keberhasilan suatu organisasi," kata Ria Sabaria di Gedung Guru Tambun, Senin.

Baca juga: Kemendikbudristek larang sekolah tes calistung

Dia pun berpesan agar para pemimpin di suatu organisasi mampu mengarahkan, mempengaruhi, membimbing, sekaligus memberikan contoh kepada anggota dalam upaya membentuk organisasi yang berkualitas.

"Seseorang yang dinobatkan sebagai pemimpin harus mampu mengayomi, senantiasa memperjuangkan hak, aspirasi rakyat untuk bisa berdampak signifikan terhadap organisasi dan membentuk suatu organisasi yang berkualitas," ucapnya.

Ria menjelaskan ada enam karakteristik pemimpin yang patut dicontoh dalam memimpin sebuah organisasi antara lain mampu mengambil keputusan strategis, membentuk visi dan arah organisasi, serta membangun budaya organisasi.

Baca juga: 1.200 guru mengikuti pertemuan GTKK PAUD nasional di Babel

Kemudian mampu menginspirasi dan memotivasi, mengelola konflik dengan baik, serta bertanggungjawab dalam hal pengembangan maupun pelatihan anggota organisasi.

"Di dalam kepemimpinan juga terkandung sebuah amanah, tanggung jawab, bahkan risiko, maka tanamkan karakteristik pemimpin di dalam jiwa masing-masing individu untuk dapat membawa organisasi mencapai tujuan bersama," katanya.

Ia pun mencontohkan beberapa hal yang bisa diteladani dari sifat Rasul sebagai acuan seorang pemimpin yaitu sifat jujur, amanah, menyampaikan, dan cerdas.

"Ada teladan yang sangat baik dari Nabi Muhammad SAW yang patut kita tiru sifat-sifatnya agar kita sebagai pemimpin bisa mengemban amanah dan tanggung jawab sebaik-baiknya," ucap dia.

Baca juga: Guru PAUD Depok Mengapresiasi Fakultas Teknik Universitas Pancasila

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bekasi Imam Faturochman berharap kegiatan orientasi ini mampu meningkatkan kualitas pendidik usia dini yang akan berdampak pada karekter anak didik.

"Setelah mengikuti orientasi kepemimpinan ini semoga segenap peserta, pengurus Himpaudi mampu mengimplementasikan nilai-nilai akhlakul karimah kepada anak didik sesuai teladan kita bersama," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024