Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Depok terus meningkatkan kemampuan sumber daya manusia Industri Kreatif Menengah (IKM) agar bisa berdaya saing tinggi untuk memajukan usahanya. 

"Dengan meningkatnya daya saing maka akan memperluas pemasaran produknya bisa samai ke luar negeri," kata Kepala Disdagin Kota Depok Dudi Mi’raz di Depok, Jawa Barat, Senin.

Menurut Dudi Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kementerian Perdagangan RI menyatakan kesiapannya membantu IKM Depok meraih kesuksesan di internasional.

"Ada 95 jenis pelatihan yang berkenan dimanfaatkan para IKM sesuai spesifikasinya, nanti dibantu PPEPJ melalui kami yang melakukan seleksi dan kurasi," tuturnya.

Untuk itu pihaknya ingin IKM Depok dapat mengekspor produk usahanya atau tampil pada event besar internasional. Tahun depan ada event besar bernama Festival Tong Tong di Den Hag, Belanda.

Festival Tong Tong adalah festival terbesar di dunia untuk budaya Indonesia, yang diadakan setiap tahun di Belanda. Didirikan pada 1959 menjadi salah satu festival tertua dan festival akbar terbesar keempat di Belanda.

"Kami upayakan utusan Depok untuk bisa ikut event tersebut dengan kolaborasi anggaran dinas dan IKM," katanya. 

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Budi Setiawanto


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024