Cidokom, Bogor, (Antara Megapolitan) - 400 warga Desa Cidokom Kecamatan Gunung Puteri Kabupaten Bogor, Jawa Barat memeriksakan kesehatan gigi gratis pada acara yang diselenggarakan Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) UPDM (B) di kantor desa setempat. 

"Kami melihat ini positif bagi masyarakat sebagai disiplin antisipasi kesehatan, apalagi bagi lansia dan anak," kata Kepala Desa Cidokom Sain Saputra usai menjadi tuan rumah acara Dies Natalis ke-56 dan Wisuda Sarjana & Magister 2017, Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) di kantor desa Cidokom, Selasa. 

Ia mengungkapkan sebanyak 200 anak dari beberapa sekolah dasar di daerahnya dan 200 warga undangan terdiri dari lanjut usia dan prioritas lainnya datang memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter. 

Sain menyebutkan, lebih kurang 30 hingga 40 dokter hadir memberikan pengabdian sosial secara gratis sesuai gagasan UPDM(B) sebagai pihak penyelenggara. 

Sehingga, kata Dia kurang dari jadwal yang ditentukan semua pasien yang hadir tuntas terlayani dua jam dari waktu tutup acara yang semula direncanakan.

Ketua Panitia Dies Natalis ke-56 dan Wisuda Sarjana & Magister 2017, Andriansyah menyampaikan kegiatan bakti sosial dan pengabdian masyarakat sengaja diselenggarakan dalam acara tersebut sebagai cara yang berbeda dalam merayakan ulang tahun civitas dan wisuda mahasiswanya. 

Kegiatan sosial lebih memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga kebahagian bisa dirasakan semua pihak. 

Menurutnya, dengan melihat antusiasme masyarakat memeriksakan kesehatan gigi dan konsultasi diharapkan dapat berdampak baik bagi kehidupan sehari-hari. 

Ia menyebutkan dirinya mewakili Rektor Universitas Prof Dr Moestopo (Beragama) Dr. Rajab Ritonga berusaha memberikan kemasan kegiatan pelayanan publik yang baik bagi warga sekitar Cidokom.

Warga, kata Dia dibekali pasta gigi dan odol sebagai semangat menjaga kesehatan gigi sebagai pangkal kesehatan anggota tubuh lainnya.

Ia berharap kedisiplinan warga dalam menjaga kesehatan bisa tertular dengan baik mulai saat ini hingga selanjutnya melalui acara yang didorong UPDM-B kali ini.

Acara dihadiri dirinya selaku wakil rektor III dan Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Rajab Ritonga mewakili Rektor Prof Rudi Harjanto yang berhalangan hadir beserta jajaran pejabat desa Cidokom, Kepala Sekolah dan Kepala Puskesmas setempat.

Pewarta: Linna Susanti

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017