Cibinong (Antara Megapolitan) -  Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat menargetkan meningkatkan prestasi sebagai Kabupaten sehat tingkat Jawa Barat dari penghargaan Swasti Sasba Padapa pada tahun 2015 menjadi Swasti Saba Wiwerda di tahun 2017.
    
"Kita siap untuk diverifikasi, dan optimis mampu meraih Swasti Saba Wiwerda" kata Assisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bogor Burhanudin di Cibinong, Minggu.

Ia mengatakan prestasi tersebut bukan hanya untuk meningkatkan angka IPM dan meraih prestasi di bidang kesehatan namun membangun paradigma terwujudnya budaya hidup sehat untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat secara komprehensif.
    
Burhan juga menjelaskan Pemkab melalui program tersebut mengajak masyarakat untuk meningkatkan budaya sehat dalam kehidupan sehari-hari yang nantinya menjadi identitas masyarakat Bogor secara menyeluruh .
    
Menurutnya dengan saling mendukung optimalisasi persiapan tatanan yang akan dihadapi, baik dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun warga tentunya akan meningkatkan pula  derajat kesehatan serta kualitas masyarakat di Kabupaten Bogor.

Dengan bukti penghargaan Swasti Sasba Padapa pada tahun 2015, yaitu kawasan permukiman, sarana dan prasarana, serta kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri, pihaknya akan menambah objek penilaian.
    
Yaitu tatanan pariwisata sehat di desa Sukajadi Kecamatan Tamansari dan tatanan ketahan pangan dan gizi yang ada di desa Cibitung Kecamatan Tenjolaya.
    
Sementara itu Ketua Tim Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat, Julianto menyampaikan kesempatan Kabupaten Bogor meraih Swasti Saba Wiwerda memang berpeluang dengan prestasi yang diraih sebelumnya.
    
"Kita akan lihat hasil penilaiannya, selain menilai kita juga mendorong dan memberikan dukungan kepada Pemerintah Kabupaten Bogor dalam meraih penghargaan tersebut" kata Julianto
    
Didampingi Kabag Kesra Enday Zakarsih, Julianto bersama rombongan tim verifikkasi sempat  meninjau locus ketahanan pangan di Desa Cibitung Kecamatan Tenjolaya dan dilanjutkan ke locus Desa Sukajadi Kecamatan Tamansari.
    
Turut hadir juga Kepala Diskominfo Wawan Munawar Siddik, Kadis PUPR Yani Hasan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Deni Ardiana, Kabag Kesra Kabupaten Bogor Enday Zakarsih, dan beberapa pejabat di lingkup Pemkab Bogor.

Pewarta: Linna Susanti & Mayolus Fajar D

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2017