PT Pertamina EP menyalurkan bantuan sarana fasilitas penunjang berupa perangkat dan peralatan kesenian kepada Padepokan Sima Maung di Desa Kedung Jaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, sebagai bentuk dukungan terhadap pelestarian budaya.

Head of Communication, Relation, and CID Zona 7 Subholding Upstream Pertamina Wazirul Luthfi mengatakan bantuan yang diberikan merupakan bagian dari program pemberdayaan masyarakat kampung seni budaya khas Betawi (Kang Bekasi).

"Program Kang Bekasi yang diinisiasi Pertamina EP Tambun Field ini bertujuan melestarikan kembali budaya lokal yang telah pudar karena perkembangan zaman," katanya di Kabupaten Bekasi, Jumat.

Baca juga: Polres Bekasi pastikan pengeboran sumur migas East Pondok Aren berjalan aman

Program Kang Bekasi dimulai tahun 2021 bekerja sama dengan Padepokan Sima Maung yang telah membina 120 anak didik tanpa biaya. Seni budaya yang dilestarikan padepokan ini mencakup bela diri, palang pintu, tari tradisional, dan ibing pencug (gerak silat diiringi jaipong).

Selain memberikan bantuan peralatan pendukung kegiatan seni, Pertamina EP Tambun Field juga memfasilitasi pendaftaran hak cipta beberapa karya seni yang telah dihasilkan melalui program Kang Bekasi tersebut.

Wazirul mengaku program ini sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam menjaga serta melestarikan kearifan lokal dan budaya setempat di sekitar lokasi operasi, khususnya di Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Baca juga: Pemkab Bekasi minta Pertamina sejahterakan warga di sekitar sumur EPN-001

"Melalui dukungan perlengkapan ini, harapannya bisa menambah motivasi anak didik untuk bisa berkembang dan berkreasi lagi dalam pelestarian seni dan budaya khususnya budaya Betawi," katanya.

Ketua Padepokan Sima Maung Lukman mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pertamina EP Field Tambun dalam upaya pelestarian budaya Betawi khususnya bagi masyarakat Babelan.

"Kami atas nama Padepokan Sima Maung sekaligus masyarakat Desa Kedung Jaya sangat berterima kasih kepada Pertamina EP Field Tambun atas kontribusinya dalam pelestarian budaya Betawi melalui bantuan yang telah diberikan selama ini," katanya.

Baca juga: Pertamina EP salurkan 128.000 liter air bersih kepada warga Bekasi

Dirinya mengaku program Kang Bekasi turut berkontribusi menjaga originalitas karya asli anak bangsa dengan mendaftarkan sebanyak 20 hak cipta dari karya Padepokan Sima Maung.

"Selain itu program ini juga telah terbukti mampu menumbuhkembangkan minat seni dan budaya daerah kepada anak dan remaja," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024