Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi, Jawa Barat mulai memperbaiki jalan rusak di Ruas Pulo Sirih-Teluk Haur, Desa Sukajadi, Kecamatan Sukakarya setelah menerima laporan warga setempat.

"Sudah mulai diperbaiki sebagai bentuk respon cepat terhadap laporan masyarakat terkait kondisi kerusakan di ruas jalan tersebut," kata Kepala Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga, dan Bina Konstruksi Kabupaten Bekasi Henri Lincoln di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan telah menginstruksikan Unit Reaksi Cepat Berani Jalan pada unit pelaksana teknis daerah wilayah III untuk melaksanakan pekerjaan perbaikan di ruas jalan tersebut usai menerima laporan pengaduan masyarakat.

Baca juga: Perbaikan jalan Kabupaten Bekasi yang butuh dukungan anggaran Pusat

"Tindak lanjut laporan ini dalam rangka memberikan pelayanan terbaik ke masyarakat serta pengguna jalan di Kabupaten Bekasi," katanya.

Kepala UPTD Pemeliharaan Rutin Jalan dan Jembatan wilayah III Suandi Syahidin mengatakan Kecamatan Sukakarya merupakan salah satu dari sejumlah kecamatan di bawah koordinasi wilayah III mencakup Kecamatan Cabangbungin, Pebayuran, Kedungwaringin, serta Kecamatan Karangbahagia.

Dia menjelaskan perbaikan jalan di Ruas Pulo Sirih-Teluk Haur terbagi atas dua titik pekerjaan. Titik pertama sepanjang 15 meter dengan lebar tiga meter dan titik kedua dengan panjang tujuh meter serta lebar tiga meter.

Baca juga: Banyak ditemukan jalan hancur, Pemkab Bekasi prioritaskan tambah anggaran pembangunan infrastruktur

"Perbaikan jalan tersebut sementara hanya di titik rusak saja untuk menanggulangi bahaya yang mengakibatkan ketidaknyamanan pengguna jalan. Selanjutnya kemungkinan akan ada perbaikan permanen di sepanjang ruas jalan ini," katanya.

Ia mengaku pekerjaan perbaikan jalan ini merupakan komitmen perangkat daerah untuk terus memastikan peningkatan kemantapan jalan yang ada di Kabupaten Bekasi berlangsung secara berkesinambungan.

"Program URC (Unit Reaksi Cepat) ini bisa terus berjalan, material disediakan oleh dinas sedangkan kita di UPTD hanya sebagai pelaksana teknis di lapangan," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi gelontorkan anggaran Rp6,7 miliar perbaiki Jalan Tegal Danas

Dirinya berharap perbaikan jalan ini dapat meningkatkan kelancaran arus lalu lintas sehingga pengguna jalan dapat menjalankan aktivitas berkendara dengan aman dan nyaman.

"Mudah-mudahan masyarakat merasa puas dan terlayani. Semoga perbaikan ini bisa membuat nyaman pengguna jalan sekaligus meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas," katanya.

Suandi mengimbau masyarakat segera melaporkan apabila melihat kondisi kerusakan jalan melalui aplikasi Lapor Jalan atau bisa juga menghubungi layanan telepon seluler di nomor 081211141155.(KR-PRA).

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024