Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat menyambut baik "Gerakan 1.000 Pengusaha Mengajar" yang diinisiasi Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) sebagai upaya membentuk sumber daya manusia unggul menuju target Indonesia Emas 2045.

"Sangat positif karena dunia pendidikan perlu diperkaya dengan materi, tidak hanya dari para guru saja tetapi bisa juga praktisi pengusaha. Apalagi pengusaha ini mempunyai pengetahuan, pengalaman yang real mengenai dunia kerja dan itu sangat dibutuhkan siswa-siswi kita," kata Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di Cikarang, Kamis.

Dia mengatakan Pemerintah Kabupaten Bekasi sebagai pemilik wilayah primadona tujuan investor dengan kawasan industri terbesar serta pusat pengembangan UMKM mendukung program pendidikan vokasi guna menciptakan sumber daya manusia lokal berkualitas.

"Saya ingin masyarakat Kabupaten Bekasi bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dengan terlibat dalam kegiatan industri dan kegiatan UMKM. Jadi apapun yang dikembangkan oleh swasta, dunia usaha terkait pengembangan vokasi akan kami dukung," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi apresiasi Apindo luncurkan LPK-TKA satu-satunya di Indonesia
Baca juga: Apindo Bekasi: Komunikasi jadi kunci bangun Hubungan Industrial Pancasila

Dani berharap 'Gerakan 1.000 Pengusaha Mengajar' bisa dilakukan secara masif di Kabupaten Bekasi karena masyarakat membutuhkan tambahan keahlian dan kemampuan dari inspirasi pengusaha yang sudah terlebih dahulu sukses dalam karir.

"Saya berharap anak-anak kita tidak hanya bercita-cita menjadi seorang pekerja tetapi juga mampu menjadi seorang pengusaha," ucap dia.

Wakil Ketua Bidang Ketenagakerjaan pada Apindo Kabupaten Bekasi Darwoto menjelaskan 'Gerakan Pengusaha Mengajar' sudah dicanangkan sejak Oktober 2023 dengan melibatkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; Kementerian Ketenagakerjaan; serta Kementerian Perindustrian.

"Gerakan ini mengajak lebih banyak pengusaha yang bergabung dalam organisasi pengusaha Apindo maupun organisasi sektor lain untuk berperan dalam menyiapkan generasi di era Indonesia emas di 2045," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi dan Apindo gelar pelatihan usaha bagi UMKM

Ia mengaku Apindo menargetkan 1.000 orang pengusaha menjadi mentor untuk menghadirkan calon-calon wirausahawan baru. Dengan begitu dunia usaha pun mampu berkontribusi dalam mencapai target Indonesia Emas 2045.

Gerakan ini diisi dengan berbagai macam kegiatan termasuk pengembangan keterampilan lunak, pengembangan teknis, serta menyiapkan program penanganan industri baik bagi guru, dosen, maupun para siswa.

"Tentu ini bukan pekerjaan yang mudah. Perlu dukungan dari kita semua dan saya harap seluruh jajaran pengurus Apindo di Indonesia dapat bekerja sama melaksanakan Gerakan Pengusaha Mengajar ini," kata dia.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024