Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Jawa Barat memberikan pelatihan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat kota tersebut melalui budi daya satwa harapan seperti budi daya cacing tanah, lebah trigona, dan jangkrik.

"Kami berikan pelatihan dan edukasi budi daya satwa harapan. Hal ini untuk membantu masyarakat Depok meningkatkan ekonomi," kata Kepala DKP3 Kota Depok Widyati Riyandani di Depok, Senin.

Widyati Riyandani mengatakan budi daya satwa harapan menjadi solusi peternakan di perkotaan yang mengalami keterbatasan lahan.

Baca juga: Pemkot Depok bantu sertifikasi pelaku UMK pengolahan ikan

Ia mengatakan budi daya satwa harapan ini seperti jangkrik, lebah trigona dan cacing tanah tidak membutuhkan lahan luas.

"Kami (DKP3 Depok) telah memberikan edukasi dan pelatihan kepada kelompok peternak sampai pemasaran hasil ternak mereka," kata Widyati Riyandani.

Sementara itu Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) DKP3, Dede Zuraida mengatakan budi daya satwa harapan merupakan program dinas yang dilakukan secara bertahap sejak 2021.

Baca juga: Pemkot Depok kembangkan pertanian perkotaan

Program budi daya satwa harapan ini bentuk solusi peningkatan ekonomi bagi masyarakat Kota Depok.

"Program budi daya satwa harapan ini kami bertahap. Sehingga fokus pengembangan budi dayanya dan hasilnya," kata Dede Zuraida.

Dede Zuraida mengatakan program budi daya satwa harapan ini DKP3 memberikan pelatihan budi daya sampai ke pemasaran.

Baca juga: Pemkot Depok terima 500 dosis vaksin PMK untuk hewan ternak

"Kami berikan bantuan stimulan pelatihan kepada kelompok peternak. Mereka juga dapat bantuan bibit hewannya juga seperti jangkrik, lebah trigona, dan cacing tanah," katanya.

"Untuk bantuan stimulan mereka berkembang sendiri. Kami memberikan motivasi untuk peningkatan ekonomi masyarakat," katanya.

Pewarta: Feru Lantara

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024