Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat menanam 10.500 bibit cabai serentak di 71 lokasi di wilayah Jakarta Pusat untuk menstabilkan harga cabai saat Ramadan (sekitar Maret).
 
"Secara masif dilakukan penanaman dari sekarang yang bertujuan memberi dampak positif pada ekonomi bulan puasa," kata Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir di Jakarta, Jumat.
 
Penanaman cabai serentak ini diinisiasi oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta secara hybrid.

Chaidir menyebut penanaman di Jakarta Pusat ini dipusatkan di lahan seluas 2.570 meter persegi milik pemerintah daerah (pemda) yang berlokasi di halaman Apartemen Sudirman Park, Jalan K.H. Mas Mansyur, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang.

Baca juga: Pemkab Purwakarta siapkan bantuan benih dukung Gerakan Masyarakat Tanam Cabai
Baca juga: Kementan Menyiapkan 4.000 Hektare Lahan Cabai
 
Chaidir mengatakan dengan target dua ton, kegiatan penanaman cabai diharapkan dapat mengendalikan nilai inflasi ekonomi sekaligus menstabilkan harga cabai di pasaran pada Hari Raya Idul Fitri mendatang.
 
"Dengan penanaman ini ketika nanti panen secara tidak langsung memberikan dampak untuk mengendalikan inflasi," ujar Chaidir.
 
Pada sesi persiapan dan survei lokasi sehari sebelumnya, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Kota (Sekko) Kota Jakarta Pusat, Bakwan Ginting menyampaikan niatnya untuk mengembangkan lahan di samping Apartemen Sudirman Park tersebut untuk menjadi edukasi wisata.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024