Transportasi umum merupakan sarana yang cukup penting untuk hadir dalam kehidupan masyarakat agar memudahkan perjalanan. Transportasi umum dapat menjadi salah satu upaya dalam mengurangi kemacetan. Di Kabupaten Bogor sendiri keberadaan transportasi umum selain angkot masih terbilang cukup minim apabila dibandingkan dengan Kota Bogor yang sudah memiliki berbagai transportasi umum, seperti BisKita Trans Pakuan.

Pada awal bulan Januari tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Bogor telah mengajukan bantuan bus listrik untuk rute Sirkuit Sentul – Bojonggede ke Pemerintah Provinsi.

Pengoperasian bus listrik tersebut direncanakan melewati beberapa titik, mulai dari Tugu Pancakarsa, Pakansari, hingga ke Bojonggede.

Dengan adanya bus listrik, Pemerintah Kabupaten Bogor mengharapkan hal ini dapat mengurangi kemacetan dan membuat masyarakat sekitar dapat terbiasa untuk menggunakan transportasi umum.

Warga Sentul yang telah mengetahui kabar ini merasa senang apabila keberadaan bus listrik dapat terealisasikan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

Pengoperasian bus listrik juga dianggap bagus dan ramah untuk lingkungan. Rencana ini diharapkan dapat membuat jalanan lebih tertib dan tidak terlalu macet.

“Saya senang apabila ada bus listrik. Semoga bisa mempermudah perjalanan dan kalau mau pergi jadi lebih mudah,” kata warga Sentul, Nathan, di Sentul, Bogor pada Selasa (16/01/2024).

Nathan juga berharap apabila tarif yang akan dikenakan nanti pada saat bus listrik telah beroperasi tidak terlalu mahal agar masyarakat tetap mau untuk menggunakan transportasi umum.

Kapasitas dalam bus juga diharapkan dapat menampung banyak penumpang, khususnya untuk penumpang prioritas agar tetap bisa nyaman saat menggunakan transportasi umum.

Menurut warga Sentul lainnya, Bapak Dandung, mengharapkan jalan-jalan yang telah rusak dapat diperbaiki terlebih dahulu sebelum pengoperasian bus listrik.

“Semoga jalan yang rusak dapat diperbaiki dulu, karena sayang jika jalan masih rusak, namun bus listrik sudah beroperasi,” tutur Bapak Dandung.

Rencana pengembangan operasi bus listrik untuk rute Sentul – Bojonggede mayoritas didukung oleh masyarakat.

Apabila hal ini dapat berjalan dengan baik, maka diharapkan agar pengoperasian bus listrik ini dapat dikembangkan hingga ke beberapa daerah di wilayah Kabupaten Bogor, sehingga dapat berguna untuk menyelesaikan masalah kesenjangan antar wilayah dan juga baik untuk pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Bogor.

Pewarta: Triani Lestari

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024