Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi, Jawa Barat melakukan penyisiran di Sungai Cimandiri guna meminimalkan potensi bencana banjir di wilayah setempat.

Kegiatan mitigasi bencana ini dilakukan oleh Kapolres Sukabumi Kota AKBP Ari Setyawan Wibowo bersama Pj Wali Kota Kusmana Hartadji dan Dandim 0607 Kota Sukabumi Letkol (Inf) Yudhi Hariyanto dengan melakukan penyisiran yang dimulai dari titik Kecamatan Lembusitu menggunakan perahu karet yang dilengkapi alat keamanan dan keselamatan khusus standar olahraga arung jeram profesional.

"Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemkot Sukabumi bersama unsur lainnya, seperti Polres Sukabumi Kota dan Kodim 0607 Kota Sukabumi untuk meminimalisasi terjadinya bencana banjir saat musim hujan seperti sekarang ini," kata Pj Wali Kota Sukabuni Kusmana di Sukabumi, Selasa.

Baca juga: Petugas gabungan evakuasi jasad pria lansia di aliran Sungai Cimandiri
Baca juga: Jasad dua anak perempuan tenggelam di Sungai Cimandiri sudah ditemukan

Pada musim hujan ini, pihaknya memantau dan memeriksa langsung titik atau lokasi yang berpotensi terjadi bencana, termasuk upaya pencegahan seperti membersihkan sampah di aliran sungai.

Ia mengatakan dari beberapa lokasi yang dipantau, hampir sepanjang bantaran sungai sudah bersih dari sampah. Namun demikian, untuk beberapa titik pemantauan harus dilakukan oleh ahlinya atau Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, karena arusnya deras dan untuk pelaksanaannya bisa dilakukan secara bertahap.

Menurut Kusmana, selain melakukan mitigasi bencana, kegiatan tersebut sekaligus melihat potensi Sungai Cimandiri untuk dijadikan sarana rekreasi atau wisata. Oleh karena itu, ia meminta Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Sukabumi untuk melakukan penataan.

Baca juga: Personel PMI dikerahkan bantu pencarian korban tenggelam di Sungai Cimandiri

"Keberadaan sungai ini juga harus ditata sedemikian rupa agar bisa dimanfaatkan sebagai sarana wisata arung jeram, baik untuk warga kota maupun Kabupaten Sukabumi atau dari luar daerah," tambahnya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi Kota Ari Setyawan Wibowo mengatakan untuk membantu dalam upaya mempercepat penanganan jika terjadi bencana, pihaknya memiliki tim penanggulangan bencana yang bisa dikerahkan kapan saja.

"Personel yang disiapkan tentu memiliki keahlian khusus terkait pencarian dan penyelamatan atau SAR," kata Ari Setyawan.

Pewarta: Aditia Aulia Rohman

Editor : Naryo


COPYRIGHT © ANTARA News Megapolitan 2024